nusabali

Bawaslu Gianyar Data Pelanggaran Baliho Kampanye

  • www.nusabali.com-bawaslu-gianyar-data-pelanggaran-baliho-kampanye

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gianyar soroti maraknya terpasang alat peraga kampanye yang melanggar zonasi. Bawaslu pun kini masih melakukan pendataan.

GIANYAR, NusaBali
Sementara Satpol PP Kabupaten Gianyar masih menunggu hasil pendataan Bawaslu, untuk melakukan penertiban APK yang melanggar. Ketua Bawaslu Gianyar, I Wayan Hartawan, mengatakan pasca hari raya Galungan dan Kuningan memang marak terjadi pemasangan APK berupa baliho dan spanduk yang terpasang tidak sesuai zona. "Menurut pantauan kami memang banyak APK yang melanggar pasca hari raya. Bentuk pelanggaran itu adalah pemasangan di luar zona maupun pemasangan dengan memaku pohon perindang, perbuatan itu jelas melanggar Perda 15 tahun 2015 tentang keamanan dan ketertiban umum," katanya.

Terkait pelanggaran itu, Bawaslu Gianyar sudah berkordinasi dengan jajaran ditingkat kecamatan. Dikatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pendataan terkait titik-titik pelanggaran tersebut."APK yang terpasang itu mengucapkan Galungan dan Kuningan, ya tentu sesuai konten itu semestinya sudah berakhir dan diturunkan oleh pemasang," katanya.

Hartawan menambahkan, jajarannya sendiri sudah berkordinasi dengan masing-masing LO partai politik, untuk menurunkan APK yang Tidak sesuai ketentuan. Namun karena sampai saat ini imbauan itu tidak digubris, pihaknya pun akan segera menyerahkan data pelanggaran APK, untuk ditertibkan oleh Satpol PP Gianyar. "Segera kami akan kordinasi dengan satpol PP untuk diturunkan dan dibersihkan," katanya.

Sementara itu, Kasatpol PP Gianyar Cokorda Gde Agusnawa mengatakan, pihaknya masih menunggu data dari Bawaslu, terkait APK yang melanggar. Sementara itu, pihaknya sendiri sudah menertibkan APK yang terpasang dengan cara dilakukan pada pohon perindang. "Tindak lanjut yang melanggar ini pasti akan segera diturunkan, berkordinasi dengan KPU dan Bawaslu. Untuk yang lain pemasangan di pohon itu sudah kami tertibkan, begitu masuk kerja pasca hari raya anggota terus melakukan pencarian APK yang terpasang di pohon," katanya.*nvi

loading...

Komentar