nusabali

City 'Genggam' Final Piala Liga

  • www.nusabali.com-city-genggam-final-piala-liga

Manchester City menggilas Burton Albion 9-0 pada leg pertama semifinal Piala Liga Inggris, di Etihad Stadium, Kamis (10/1) dinihari WITA.

MANCHESTER, NusaBali
Tiket final pun dalam genggaman The Citizens dan hanya keajaiban yang menggagalkannya. City adalah juara bertahan Piala Liga Inggris musim lalu. Tottenham Hotspur atau Chelsea bakal menjadi lawan mereka di partai puncak apabila tidak ada ‘keajaiban’ di leg kedua.

Sedangkan menjamu tim League One itu, City yang menurunkan sejumlah pemain pelapisnya tetap bukan tandingan bagi Burton. Pada babak pertama saja, City unggul 4-0 lewat dua gol Gabriel Jesus, Kevin De Bruyne, dan Olexandr Zinchenko.

Di babak kedua, City menambah lima gol lagi lewat quat-trick Jesus (dua gol), Phil Foden, Kyle Walker, dan Riyad Mahrez. Menang 9-0 bisa dibilang 99,99 persen tiket final digenggam City meski harus melakoni leg kedua pada 24 Januari.

Usai laga manajer City Pep Gurdiola pun senang dengan kemenangan telak itu dan memastikan tetap tampil serius saat gantian tandang ke markas Burton. Meski demikian, tetap ada kritik terselip terkait permainan City yang mengendur usai bikin gol di menit kelima.

"Kami sudah di final. Tapi tetap saja, kami harus memainkan leg kedua dan kami akan tetap tampil serius," ujar Guardiola, dikutip FourFourTwo.

"Selamat untuk Burton atas penampilan mereka sepanjang turnamen ini, mereka sudah mengalahkan tim-tim dari Premier League dan Championship, mereka pantas ada di sini," kata Pep.

Kemenangan besar itu seolah menggugurkan beban striker City Gabriel Jesus, yang  seret gol di musim ini. Kini pemain asal Brasil itu mulai menemukan ketajaman dan kebuasannya di depan gawang.

Jesus kesulitan bikin gol-gol di musim ini. Dalam 24 laga pertama di seluruh ajang, striker 21 tahun itu baru membuat tujuh gol. Bahkan cuma bikin tiga gol di 16 laga Premier League, lalu tiga gol di empat partai Liga Champions. Setelah itu satu gol dicetaknya dalam tiga penampilan pertama di Piala Liga Inggris.

Guardiola pun menyebut gol-gol itu akan krusial bagi Gabriel untuk melepaskan tekanan dari pundak Jesus. Menurutnya, seorang penyerang butuh gol-gol.  Menurutnya, hal itu bagus untuk Gabriel, tim, dan semuanya

“Dia punya peluang di laga sebelumnya dan hari ini dia menuntaskan peluangnya jadi gol-gol," kata Guardiola di situs resmi klub. *

loading...

Komentar