nusabali

Terbakar, Gudang Produksi Kopi BUMDes Tugusari

  • www.nusabali.com-terbakar-gudang-produksi-kopi-bumdes-tugusari

Gudang BUMDes Tugusari Desa Pajahan, Kecamatan Pupuan, Tabanan terbakar pada Kamis (10/1) sekitar pukul 06.00 Wita.

TABANAN, NusaBali
Gudang yang sebenarnya milik Subak Amerta Karya Pajahan tersebut dipinjam pakai oleh BUMDes Tugusari digunakan untuk produksi kopi bubuk. Penyebab kebakaran karena kopi serbuk panas dalam karung menimbulkan percikan api yang mengenai listrik.

Informasi yang dihimpun, kebakaran tersebut diketahui pertama kali oleh Ni Ketut Meliani. Saat dia sedang lewat dilihat ada kepulan asap. Dia langsung menyampaikan kepada warga bernama Jodi Sukaratna, kemudian menyampaikan ke Bendesa Adat Pajahan Jro Ketut Suardika.

Saat bersamaan pula datang warga dan Bhabinkamtibmas serta Babinsa yang ikut memadamkan api menggunakan air PAM. Beruntung api tidak melalap seluruh gudang tersebut. Api hanya melalap kopi yang sudah jadi serbuk. Dengan kejadian tersebut BUMDes Tugusari mengalami kerugian sekitar Rp 5 juta.

Kapolsek Pupuan AKP Ida Bagus Mahendra ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut. Berdasarkan olah TKP, gudang terbakar karena kopi serbuk panas dalam karung yang menimbulkan percikan api, kemudian mengenai colokan listrik yang ada di atas meja. Kemudian api membakar atap bangunan yang terbuat dari asbes beserta kayu kerangkanya. “Beruntung kebakaran tidak melalap seluruh bangunan,” ungkapnya.

Dikatakan kopi yang ditaruh dalam karung tersebut usai diproduksi oleh karyawan BUMdes Tugusari sebanyak 65 kilogram. Karena masih keadaan panas sudah diletakkan kemudian ditinggal oleh karyawan sehingga pemicu kebakaran. “Kerugian ditafsir Rp 5 juta. Saat melakukan pemadaman api sekitar 30 menit dibantu warga,” tandas AKP Mahendra. *de

loading...

Komentar