nusabali

93 Ribu Sapi 'Upsus Siwab' , 69 Ribu Bunting

  • www.nusabali.com-93-ribu-sapi-upsus-siwab-69-ribu-bunting

Pemprov Bali berhasil melaksanakan Program  Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib  Bunting (Upsus Siwab) tahun 2018.

DENPASAR, NusaBali

Data terakhir capaian Upsus Siwab  93.638  ekor sapi (122%) yang berhasil  yang berhasil  ‘di-upsus siwab’ kan. Jumlah tersebut di atas target  yakni 76.300 ekor  sapi sebagai akseptor. Hasilnya  sebanyak 69.719 (91 %) bunting. “Astungkara ini  hasilnya cukup bagus,” ujar  IGK Nata Kesuma, Kabid Pembibitan dan Produksi Ternak Dinas Peternakan  Provinsi Bali,  Kamis (10/1).

Nata Kesuma menyatakan hasil dari pelaksanaan Upsus Siwab tersebut, tentu akan mempercepat penambahan populasi sapi Bali. Harapannya adalah meningkatkan kuota sapi potong ke luar Bali  untuk kebutuhan nasional.  Secara tak langsung, kata Nata Kesuma, tentu akan meningkatkan kesejahteraan peternak/petani.  “Peternak sudah mampu mengubah pola pikir yang berorientasi  pasar,” jelas Nata Kesuma,  tentang  faktor lain di balik keberhasilan Upsus Siwab. Hal itulah yang mendorong sukses pelaksanaan Upsus  Siwab, selain petugas –petugas Upsus Siwab di lapangan yang kerja keras.Tahun 2018 lalu, papar Nata Kesuma juga tercatat  50.149 godel (anak sapi)  lahir. Itu merupakan hasil  Upsus Siwab 2017.

Adapun kegiatan yang difasilitasi dalam Program Upsus Siwab, di antaranya pelayanan Insemenasi Buatan (IB)  secara cuma-cuma, pelayanan pemeriksaan kebuntingan gratis, penanggulangan gangguan reproduksi dan kegiatan pelayanan lainnya. “Itu semuanya gratis,” jelas Nata Kesuma.

Tambahnya Upsus  Siwab tersebut, juga merupakan upaya untuk meningkatkan pasokan produksi daging lokal/nasional, untuk mengurangi impor.  *k17

loading...

Komentar