nusabali

Gelombang Pasang, Pamedek Nyeberang Gunakan Rubber Boat Tangkil ke Pura Tanah Lot

  • www.nusabali.com-gelombang-pasang-pamedek-nyeberang-gunakan-rubber-boat-tangkil-ke-pura-tanah-lot

Pamedek yang tangkil ke Pura Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan pada Buda Wage Langkir, Rabu (9/1), dibantu polisi untuk menyeberang menggunakan rubber boat.

TABANAN, NusaBali

Hal ini dilakukan karena adanya gelombang pasang mulai pukul 10.00 hingga 13.00 Wita. Polsek Kediri, Satpolair Polres Tabanan, dan Life Guard DTW Tanah Lot bahu membahu membantu para pamedek untuk menyeberang.

Kapolsubsektor Tanah Lot Iptu I Nyoman Subagia, mengatakan sesuai arahan Kapolsek Kediri untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi krama yang hendak melaksanakan persembahyangan, pihaknya bersama dengan Satpolair Polres Tabanan dan Life Guard DTW Tanah Lot bekerjasama membantu pamedek menyeberang dengan menggunakan rubber boat.

“Kami seberangkan pamangku, penyade, sulinggih hingga rombongan pamedek yang hendak mamuput pujawali dan menghaturkan bakti,” ujarnya.

Dikatakan, pelayanan dilakukan dari daratan sebelah utara Pura Luhur Tanah Lot, yang mana kondisi gelombang laut saat itu masih dalam keadaan pasang. Penyeberangan dilakukan beberapa kali dengan menggunakan perahu karet atau rubber boat yang telah disiapkan oleh Satpolair Polres Tabanan dan DTW Tanah Lot sebanyak dua unit. “Kalau airnya surut, barulah pamedek bisa nyeberang tanpa gunakan rubber boat,” imbuhnya.

Sementara itu, Manajer Operasional DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana menyampaikan, ketika air laut sedang pasang dan arusnya cukup deras akan disediakan rubber boat untuk membantu para pemedek menuju Pura Luhur Tanah Lot ataupun yang akan mapamit selesai bersembahyang. “Kami dibantu pihak kepolisian dan life duard untuk seberangkan pamedek,” tuturnya.

Ditambahkannya, Pujawali Pura Luhur Tanah Lot akan Nyejer hingga Saniscara Paing Langkir, Sabtu (12/1) mendatang. Maka dari itu, pihaknya telah menyebar informasi mengenai jadwal pasang-surut air laut kepada masyarakat. “Kami sudah sebarkan, mudah-mudahan pujawali berlangsung lancar,” tandas Toya Adnyana. *de

loading...

Komentar