nusabali

BPBD Karangasem Bantu Korban Longsor

  • www.nusabali.com-bpbd-karangasem-bantu-korban-longsor

BPBD Karangasem membantu korban longsor, I Wayan Patra, 57, di Banjar Pegubugan, Desa/Kecamatan Manggis, Karangasem, Rabu (2/1).

AMLAPURA, NusaBali

Patra menerima karpet, paket sandang, selimut, pakaian anak-anak, dan lainnya. Bantuan diserahkan oleh Staf Kasi Kedaruratan BPBD Karangasem, I Gede Sunarcana. Penyerahan batuan dihadiri Perbekel Desa Manggis, I Wayan Partika Suyasa, di Banjar Pegubugan, Desa/Kecamatan Manggis, Selasa (8/1).

Korban I Wayan Patra mengaku masih trauma atas longsor yang menghancurkan seluruh pelataran sanggah dan kamar tidurnya, Rabu (2/1). Ia dan istri mengungsi di rumah adiknya  Ni Nengah Mastri.

"Kami masih trauma dengan longsor yang terjadi. Kami sekeluarga kembali ke rumah, hanya saja jika turun hujan lebat kembali mengungsi," jelas Wayan Patra.

Bangunan sanggah yang hancur yakni palinggih rong telu dan rong dua, seluruh panyengker ukuran 6 meter x 5 meter tertimbun, juga merusak satu kamar tidur. Khusus bangunan tempat tinggal yang rusak di bagian atap beberapa genting hancur berantakan dan bagian temboknya berlubang karena terdorong material longsor hingga masuk ke dalam bangunan. Sementara bangunan tempat tinggal yang rusak atap dipasangi terpal. Bangunan tempat tinggal itu posisinya di bawah palinggih sanggah.

Saat longsor Wayan Patra tinggal berempat bersama dua istrinya yakni Ni Nyoman Sunarti, 45, dan Ni Wayan Seruni, 55, serta satu anak I Komang Sapta Wiguna, 3. "Sebenarnya kami membutuhkan bantuan terpal untuk atap rumah, tetapi yang datang karpet dan pakaian anak-anak," kata Wayan Patra. Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengakui korban membutuhkan terpal untuk menutupi atap rumahnya yang bocor. "Sementara kami hanya memiliki karpet, itu yang kami sumbangkan. Sedangkan di rumah korban ada seorang anak, makanya menyelipkan bantuan pakaian anak-anak," jelas Ida Bagus Ketut Arimbawa.

Bantuan juga diserahkan petugas BPBD kepada korban kebakaran rumah atas nama I Ketut Nardiasa di Banjar Mendira, Desa Sengkidu, Kecamatan Manggis. Biasanya BPBD usai melakukan penanganan langsung hari itu mendatangkan bantuan. "Kami sempat sibuk menangani bencana di beberapa titik, sehingga bantuan diserahkan agak terlambat," tambah Ida Bagus Ketut Arimbawa. *k16

loading...

Komentar