nusabali

Malam Siwaratri Terpusat di Goa Lawah

  • www.nusabali.com-malam-siwaratri-terpusat-di-goa-lawah

Ribuan pamedek sembahyang ke sejumlah pura saat Hari Suci Siwaratri yang bertepatan dengan Hari Suci Kuningan, Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (5/1).

SEMARAPURA, NusaBali

Di antaranya, persembahyangan umat lebih terpusat di Pura Goa Lawah, disusul di Pura Jagatnatha Klungkung, Pemedal Agung, dan pura lainnya. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Ny Ayu Suwirta didampingi Sekdakab Klungkung I Gede Putu Winastra melaksanakan sembahyang di Pura Jagatnatha Klungkung. Persembahyangan di Pura Jagatnatha dengan tiga tahap, yakni pukul 18.00 Wita dipuput oleh Ida Pedanda Gede Made Tembau dari Griya Kulon Aan, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan.

Tahap II dan III dipuput Jro Mangku di Pura Jagatnatha Klungkung, dimulai pukul 00.00 Wita dan tahap ketiga persembahyangan dimulai pada pukul 05.00 Wita. Persembahyangan diikuti para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan ribuan pamedek.

Seusai melakukan Persembahyangan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta Bupati mengharapkan agar generasi muda di Bali, khususnya di Klungkung, dapat memanfaatkan momen malam Siwalatri. Bupati mengajak masyarakat dan generasi muda di Klungkung untuk menyucikan diri dengan perenungan semalam suntuk melalui persembahyangan dan mengintrospeksi diri.

Selain di Pura Jagatnatha Klungkung, Bupati Suwirta juga melakukan persembahyangan di Pura Sad Kahyangan Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Sementara itu, guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Klungkung untuk melaksanakan persembahyangan maupun liburan saat Umanis Kuningan, Minggu (6/1), Polres Klungkung mengerahkan 212 personel. Beberapa personel disiagakan di beberapa titik jalan raya di seputaran Kota Klungkung, Sabtu (5/1). Kabag Ops Polres Klumngkung Kompol I Nyoman Suarsika, Minggu (6/1), mengatakn personel juga diterjunkan di areal Pura Goa Lawah, Pura Watu Klotok, Pura Dasar Gelgel dan Pura Agung Kentel Gumi, dan lainnya. *wan

loading...

Komentar