nusabali

Gigi Susu Anak Rentan Kena Karies Gigi

  • www.nusabali.com-gigi-susu-anak-rentan-kena-karies-gigi

Karies gigi adalah kerusakan jaringan keras pada gigi bisa mengenai anak-anak. Banyak anak mengalami karies gigi.

DENPASAR, NusaBali

Padahal kondisi gigi saat anak-anak berupa gigi susu menentukan kondisi gigi permanen saat dewasa.Ketua Perhimpunan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Badung drg I Agus Sundia Atmaja MErg mengatakan, anak-anak kerap mengalami karies gigi terutama pada gigi depan yaitu pada bagian servikal (leher gigi). Lama-kelamaan leher gigi patah sehingga tinggal akar gigi. “Pada orang dewasa jarang terjadi seperti ini karena orang dewasa sudah bisa membersihkan sendiri giginya,” ungkapnya, baru-baru ini.

Penyebabnya adalah kurangnya kebersihan dalam rongga mulut akibat sisa makanan. Terutama membersihkan gigi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Karies gigi bukan disebabkan oleh penggunaan dot tapi sisa makanan yang menempel. Penggunaan dot susu justru menyebabkan gigi tonggos. “Kalau bisa setiap sehabis makan kita bersihkan gigi kita,” ujarnya.

Gigi susu secara teori tumbuh pertama pada usia 6 bulan, namun sekarang yang terjadi adalah usia 9 bulan baru mulai tumbuh gigi. Pertama gigi seri tumbuh, hingga sampai usia 24 bulan memiliki gigi susu yang lengkap. “Gigi susu ini perlu diperhatikan dan perlu dirawat,” katanya.

Anak- anak dilarang makan permen, coklat, cake atau makanan yang lengket karena makanan itu banyak mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi. Karies penyebabnya adalah gula dan karbohidrat yang difermentasi oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam. Hasil oksidasi asam ini yang menyebabkan gigi rapuh. Maka dari itu makanan yang mengandung gula dan karbohidrat itu harus segera dibersihkan seusai makan.

Ditambahkan, orang tua harus memberikan contoh cara membersihkan gigi yang benar. Selain itu juga membawa anak ke dokter gigi. “Ke dokter gigi tidak perlu perawatan gigi, tapi begitu datang ke dokter gigi yang penting adalah mendapat informasi cara merawat kesehatan gigi anak,” tandasnya.*ind

loading...

Komentar