nusabali

Posko Nataru Bandara Resmi Ditutup

  • www.nusabali.com-posko-nataru-bandara-resmi-ditutup

Penumpang Domestik Turun, Wisman Berdatangan

MANGUPURA, NusaBali

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, di Tuban, Kecamatan Kuta, Badung resmi menutup posko penanganan wisatawan saat liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) pada Senin (7/1) hari ini.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi, menuturkan penutupan pos pantau tersebut karena waktu liburan Nataru sudah selesai. Hal ini terlihat dari data yang dihimpun oleh petugas yang melakukan pantauan di posko itu mencatat adanya penurunan signifikan pada pencatatan H+5. Dimana pergerakan penumpang yang tiba di terminal kedatangan domestik mengalami penurunan mencapai 19,24 persen atau hanya mencapai 10.733 penumpang jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya diperiode yang sama mencapai 13.290 orang.

“Selain yang tiba di Bandara Ngurah Rai, kami mencatat yang berangkat ke luar Bali melalui terminal keberangkatan domestik sebanyak 18.023 orang. Meski sama-sama tercatat turun (dengan yang tiba), namun selisih yang berangkat dalam pencatatan sebelumnya tidak terlalu jauh yakni 19.273,” tutur Yanus, Minggu (6/1) sore.

Untuk pergerakan pesawat domestik yang dilayani di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, yang tiba mengalami peningkatan sebesar 4,10 persen dengam total 127 pesawat. Peningkatan itu sebanyak 5 pesawat dari tahun sebelumnya yang hanya mencatat 122 pesawat dalam periode yang sama. Pun sebaliknya, keberangkatam pesawat keluar Bali dalam melayani rute domestik mengalami penurunan 3 pesawat. Dalam pencatat tahun lalu sebanyak 127 yang meninggalkan Pulau Dewata, tapi kali ini terpaut 6,49 persen atau 124 pesawa. “Memang dalam pencatatan untuk pesawat ini tergolong stabil, yang tiba dan pergi dari Ngurah Rai tidak terlalu signifikan,” imbuh Yanus.

Penurunan penumpang domestik melalui Ngurah Rai justru berbanding terbalik dengan yang di Terminal Kedatangan Internasional. Ada peningkatan penumpang alias turis manca negara yang tiba sebesar 20,80 persen. Dalam pencatatan sebelumnya hanya 13.259 penumpang, tapi kali ini mencapai 16.017 penumpang. Sementara untuk yang terbang melalui Terminal Keberangkatan Internasional Bandara Ngurah Rai juga tercatat 21.957 penumpang atau naik sekitar 44,92 persen dari sebelumnya 15.151 penumpang.

“Meningkatnya penumpang yang keluar melalui Terminal Keberangkatan Internasional Ngurah Rai ini sejalan juga saat masuk ke Bali beberapa waktu lalu untuk liburan pergantian tahun. Tapi, untuk kedatangan juga meningkat saat ini,” ujar Yanus. *dar

Komentar