nusabali

Ribuan Pamedek Hadiri Nyenuk di Pura Dasar Buana

  • www.nusabali.com-ribuan-pamedek-hadiri-nyenuk-di-pura-dasar-buana

Ribuan pamedek menghaturkan persembahyangan ke Pura Dasar Buana di Desa Pakraman Gelgel, Klungkung, saat Karya Nyenuk, Mekebat Daun, Mangun Ayu, pada Redite Umanis Kuningan, Minggu (6/12).

SEMARAPURA, NusaBali
Nyenuk ini merupakan hari keenam pasca Puncak Karya Agung Mamungkah, Nubung Pedagingan, Ngenteg Linggih, Padudusan Agung, Tawur Panca Wali Krama, Mahayu Jagat, dan Marisuda Gumi di pura setempat.

Dalam kesempatan itu, Pemkab KLungkung menghaturkan Bhakti Penganyar dipimpin langsung Bupati Nyoman Suwirta dan Wakil Bupati Made Kasta. Koordinator Upakara Karya Agung di Pura dasar Buana Dewa Ketut Soma mengatakan ribuan pamedek tangkil dari pagi hingga sore dengan berdesak-desakan. “Panyanggre selama karya ini dilakukan dari 28 banjar di Desa Pekraman Gelgel,” ujarnya.

Karya Nyenuk, Mekebat Daun, Mangun Ayu di Pura Dasar Buana, dipuput Ida Pedanda Gede Putra Tembau dan Ida Pedande Gede Jelantik Sogatha. Sedangkan di Bale Agung dipuput oleh Ida Pedande Gde Jumpung Keniten dan Ida Dalem Surya Darma Sogatha, di Pura Melanting dipuput Ida Pedande Gde Agre Kemenuh, di Pura Taman Beji dipuput oleh Ida Pedande Gde Oka Wadani. Di Pura Puseh dipuput oleh Ida Pedande Gde Made Tembau dan Ide Pedande Gde Wayan Darma dan terakhir di Pura Yase dipuput oleh Ida Pedande Gede Rai Pidada. Ida Bhatara nyejer 11 hari. Selama prosesi ritual karya tersebut dipentaskan Tari Baris Oncer Ganda, Topeng Sidekarya, Rejang Renteng, dan Rejang Dewa.*wan

Komentar