nusabali

Dana Rp 48 Miliar untuk Perbaikan 47 Kilometer Jalan

  • www.nusabali.com-dana-rp-48-miliar-untuk-perbaikan-47-kilometer-jalan

Termasuk Ruas Jalan Hasanudin

SINGARAJA, NusaBali

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Buleleng, mendapat gelontoran dana penanganan kerusakan ruas jalan sebesar Rp 48 miliar di tahun 2019. Total ruas jalan yang dapat diperbaikan diperkirakan sepanjang 47 kilometer. Beberapa paket perbaikan sudah siap ditenderkan karena Detail Engeneering Design (DED) sudah kelar.

Kepala Dinas PUPR Buleleng Ketut Suparta Wijaya Jumat (4/1) mengatakan, total dana yang dikantongi dalam perbaikan ruas jalan kabupaten bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 21 miliar, dan dari APBD Kabupaten sebesar Rp 27 miliar. Dari dua sumber dana itu, diperkirakan ruas jalan yang dapat diperbaiki sepanjang 47 kilometer.

Disebutkan, untuk DAK sebesar Rp 21 miliar, disiapkan 10 paket pekerjaan dengan panjang ruas jalan 20 kilometer. Salah satu paket perbaikan jalan dengan sumber dana DAK ini adalah kerusakan Jalan Hasanudin, Singaraja, sepanjang 1 kilometer. “Tadinya kami ingin pengerjaan itu sekalian dengan trotoarnya. Tetapi karena anggarannya terbatas, kami prioritaskan dulu ruas jalannya, jadi hanya bisa pemadatan saja,” jelasnya.

Paket pekerjaan tersebut sudah bisa diajukan ke Badan Layanan Pengadaan (BLP) Barang dan Jasa untuk ditenderkan, karena DED paket tersebut sudah dibuat di tahun 2018.

Sementara untuk perbaikan jalan dengan sumber dana murni dari APBD Buleleng, Suparta Wijaya menyebut ada 20 paket ruas jalan yang akan diperbaiki sepanjang 28 kilometer, tersebesar di semua kecamatan. “Untuk dari APBD memang anggaran yang kita siapkan karena tergantung kondisi anggaran di daerah. Kalau ada yang belum bisa ditangani, tentu kebijakan pemerintah akan memprogramkan dan berusaha menangani dengan mencari sumber-sumber dana yang bisa kita akses,” jelasnya. *k19

Komentar