nusabali

Striker Spurs Pimpin Korsel

  • www.nusabali.com-striker-spurs-pimpin-korsel

Piala Asia 2019 Diikuri 24 Negara

LONDON, NusaBali

Striker Tottenham Hotspur Son Heung-min memimpin dan siap membawa timnas Korea Selatan mengakhiri puasa gelar juara Asia selama 59 tahun. Son Heung-min pun yakin, istirahat memperkuat  negerinya di berbagai laga internasional pada November 2019 membuat dirinya terbebas dari kelelahan.

Sebelumnya Son ikut mengantar Korsel menjadi juara Asian Games di Jakarta pada September lalu. Ia sempat bermain lamban saat kembali memperkuat Tottenhan. Tapi setelah absen membela Korsel pada November, Son kembali menemukan sentuhannya dengan mencetak 9 gol untuk Spurs dari 12 kali laga.

"Saya kelelahan setelah Asian Games karena bertanding setiap dua atau tiga  hari," kata pemain berusia 26 tahun itu.

"November jadi titik balik saya karena saya sangat letih dan saya tidak melakukan perjalanan. Menyenangkan menikmati waktu libur setelah mengikuti pertandingan ketat bersama tim nasional,"kata Son.

Korea Selatan salah satu tim favorit di Asia karena sering tampil di Piala Dunia,  yaitu sebanyak sembilan kali secara beruntun sejak 1986. Namun mereka hanya dua kali tampil sebagai juara Piala Asia dan terakhir pada 1960.

Turnamen paling akbar di Asia, Piala Asia 2019 akan dimulai pada Sabtu (5/1), di Uni Emirat Arab (UEA) hingga 1 Februari 2019. UEA menyiapkan delapan venue (stadion) di empat kota, yakni di Abu Dhabi, Dubai, Al Ain, dan Sharjah.

Piala Asia 2019 diikuti 24 negara. Australia, sang juara bertahan, tergabung di Grup B bersama Suriah, Palestina, dan Yordania.

Sedangkan Jepang, yang menjadi penguasa di Piala Asia dengan empat gelar, di Grup F bersama Uzbekistan, Oman, dan Turkmenistan

Ada enam grup yang dihuni masing-masing empat tim. Dua tim peringkat teratas (juara dan runner-up tiap grup) plus empat tim berperingkat tiga terbaik lolos ke fase gugur 16 besar.

Selain Australia, yang tercatat sebagai anggota Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), ASEAN juga mengirim Thailand, Vietnam, serta Filipina, ke Piala Asia 2019. Indonesia absen lantaran terkena diskualifikasi pada kualifikasi akibat jatuhnya sanksi FIFA pada 2015. *

Komentar