nusabali

Undiksha Berangkatkan Puluhan Mahasiswa ke Luar Negeri

  • www.nusabali.com-undiksha-berangkatkan-puluhan-mahasiswa-ke-luar-negeri

Sebanyak 33 orang mahasiswa berbagai jurusan siap diberangkatkan Universitas Pendidikan Ganesha (Undikha) ke luar negeri.

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan mahasiswa itu akan mengikuti Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama sebulan penuh. Mereka akan diberangkatkan secara bertahap sesuai jadwal di bulan Januari-Februari mendatang.

Puluhan mahasiswa itu pun menjalani proses pembekalan sejak 2-3 Januari 2019, sebelum diberangkatkan ke negara tujuan di Filipina, Thailand dan Vietnam. Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Undiksha Prof Dr AAIN Marhaeni  MA, Kamis (3/1) kemarin mengatakan, mahasiswa yang mengikuti program tersebut diseleksi secara ketat.

Mereka sebelumnya sudah menjalani sejumlah rangkaian tes, mulai dari tes tulis, wawancara, dan kemampuan berbahasa Inggris. “Kalau tahun sebelumnya, mahasiswa yang ikut biasanya dari Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK) dan Fakultas MIPA. Tetapi yang ikut seleksi sekarang ada dari seluruh fakultas. Ini sangat positif,” ungkap dia.

Hal tersebut, disebutnya tak lepas dari motivasi mahasiswa yang berangkat sebelumnya. Berbagai cerita positif dan menarik dibagi ketika sudah kembali ke tanah air. “Dari sisi jumlah, kami terus menggenjot ada peningkatan. Begitu juga kualitas. Pertengahan 2019 juga berharap bisa meluas ke negara-negara Asia,” imbuh Marhaeni.

Salah satu peserta, I Putu Alit Indra Baskara dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakutas Bahasa dan Seni menyampaikan program ini tak hanya untuk memenuhi tuntutan di bangku kuliah. Ia yang mendapat jatah PPL di Filipina, juga bisa menambah wawasan berkenaan dengan pola pendidikan yang diterapkan di luar negeri, sekaligus membangun koneksi lebih luas.

“Ya persaingannya cukup ketat, karena banyak yang ingin berangkat juga, kami bersaing di internal bersama teman-teman di semua jurusan. Karena ini penting untuk kami, kesempatan yang mungkin tak datang dua kali,” kata dia. *k23

loading...

Komentar