nusabali

Pengisian Kursi Eselon II di Badung Tunggu Instruksi Bupati

  • www.nusabali.com-pengisian-kursi-eselon-ii-di-badung-tunggu-instruksi-bupati

Pengisian kursi eselon II di lingkungan Pemkab Badung masih ngambang.

MANGUPURA, NusaBali
Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) belum mendapat perintah untuk melakukan seleksi terbuka seperti lumrah dilakukan selama ini. Data terakhir ada enam kursi eselon II di Badung yang lowong.

Kepala BKPSDM Badung I Gede Wijaya, mengatakan pengisian jabatan untuk kursi eselon II mutlak menjadi kewenangan Bupati. Termasuk soal ketentuan seleksi, Bupati pula yang memutuskan. “Kami hanya melaksanakan perintah pimpinan saja. Namun, sampai sekarang belum ada perintah,” ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (2/1).

Menurut Wijaya, secara teknis seleksi jabatan eselon II di lingkungan Pemkab Badung masih sama seperti sebelumnya. Ada pembentukan panitia seleksi (pansel). Kemudian ada penerimaan berkas pendaftar. Seperti pengalaman sebelumnya, mengingat seleksi untuk pengisian kursi eselon II, maka pendaftar minimal haruslah eselon III, hal ini berlaku sebagai syarat umum.

Tahap selanjutnya, adalah seleksi administrasi dari berkas yang diajukan oleh pendaftar. Bagi yang tidak memenuhi persyaratan, maka secara otomatis terdiskualifikasi. Sementara untuk yang lolos seleksi berhak melangkah ke tahap berikutnya yakni wawancara. “Intinya ketentuannya masih sama dengan yang sebelumnya,” tegas birokrat asal Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, itu.

Nah, hasil dari serangkaian tahapan tersebut lalu diserahkan kepada Bupati. “Nanti pimpinan yang akan memutuskan, sebab tugas kami (pansel) hanya membantu saja,” imbuh Wijaya.

Seperti diketahui, kursi eselon II yang lowong di antaranya Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Badan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera (KBKS) Kabupaten Badung, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung, serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung.

Wijaya mengungkapkan, selain pejabat setingkat eselon II, juga ada pejabat eselon III setingkat camat yang masuk purna tugas. “Camat Petang Ida Bagus Nata Manuaba juga memasuki masa pensiun pada awal tahun 2019,” ungkapnya. Dengan demikian, untuk kursi camat ada dua yang lowong, yakni Camat Petang dan Camat Kuta yang sebelumnya dijabat I Gede Rai Wijaya. *asa

Komentar