nusabali

Aktivitas Penyeberangan di Danau Batur Meningkat

  • www.nusabali.com-aktivitas-penyeberangan-di-danau-batur-meningkat

Aktivitas penyeberangan wisatawan di Dermaga Kedisan, Kecamatan Kintamani, Bangli mengalami peningkatan cukup signifikan.

BANGLI, NusaBali
Penyeberangan di Danau Batur ini didominasi wisatawan domestik. Dinas Perhubungan Bangli optimalkan jumlah petugas selama liburan Natal, Galungan, dan Tahun Baru 2019. Puncak peningkatan penyeberangan terjadi pada Selasa (1/1).

Kepala Dinas Perhubungan Bangli, Gede Artha, jumlah penyebrangan pada hari-hari biasa hanya 3 kali penyebrangan. Memasuki musim liburan Natal dan Tahun Baru, dalam sehari penyeberangan berkisar 10 sampai 15 kali. “Puncak penyeberangan terjadi saat tahun baru, lebih dari 25 kali,” ungkapnya. Wisatawan yang menyeberang dengan tujuan Desa Trunyan didominasi wisatawan domestik dari luar Bali. Menciptkan rasa aman, selain menambah personel juga dapat dukungan personel TNI dan polisi. Setiap pemumpang yang naik boat wajib mengenakan life jacket.

Sementara untuk armada perahu boat dikelola oleh Gabungan  Pengusaha Angkutan Sungai Danau  dan Penyebrangan (Gapasdap) Danau Batur. Ketua Gapasdap Danau Batur, I Nengah Dester, mengatakan aktivitas penyeberangan mengalami peningkatan cukup signifikan. Hari biasa rata-rata penyeberangan hanya 3 kali. Tarif angkutan boat di Danau Batur untuk domestik Rp 499.900 per orang, asing Rp 514.900 per orang. “Tarif diatur dalam Perbup Nomor 55 tahun 2014 tentang tarif angkutan wisata motor boat di Danau Batur. Satu boat, penumpang 7 orang,” jelasnya. Menyeberang berkelompok biayanya lebih murah dibandingkan perseorangan. *es

Komentar