nusabali

10 Nama Dilempar Lagi ke Pusat

  • www.nusabali.com-10-nama-dilempar-lagi-ke-pusat

Ditarget pada 7 Januari 5 komisioner sudah diumumkan dan dilantik 9 Januari, sebab masa tugas komisioner lama berakhir 9 Januari.

Uji Kelayakan Calon Komisioner KPU Klungkung Rampung


DENPASAR, NusaBali
KPU Bali kebut uji kelayakan calon komisioner KPU Kabupaten Klungkung periode 2019-2024 dengan melakukan uji kelayakan selama satu hari di Rumah Luwih, Desa Lebih, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Selasa (1/1). Sebanyak 10 calon komisioner yang sudah mengikuti uji kelayakan dilempar lagi ke KPU RI untuk ditetapkan sebanyak 5 orang sebagai komisioner terpilih.

Uji kelayakan yang dilakukan diikuti 10 calon komisioner yang sebelumnya telah lolos dalam sesi seleksi oleh Timsel (Tim Seleksi) yang diketuai Dr Ni Wayan Widhiasthini. Sesi tes melalui timsel meliputi tes tulis, tes psikologi, tes kesehatan, dan tes wawancara. Sehingga mereka tinggal bertarung dalam uji kelayakan di KPU Bali.

Ketua KPU Bali, I Dewa Gede Agung Lidartawan, menyebutkan sebanyak 10 calon komisioner KPU Klungkung dikebut untuk mengejar masa tugas komisioner lama yang akan berakhir 9 Januari 2019 mendatang. “Hari ini (kemarin, red) kita sudah selesaikan. Hasil uji kelayakan sudah kami plenokan dan hari ini juga kami kirimkan hasilnya ke KPU RI,” ujar Lidartawan.

Kata Lidartawan seluruh nama-nama yang mengikuti uji kelayakan memang sudah dirangking dari hasil uji kelayakan kemarin. Namun Lidartawan mengatakan hal tersebut bukan untuk dipublikasikan. Karena nanti akan ditetapkan oleh KPU RI.”Yang menetapkan KPU RI nanti. Akan ada 5 orang yang akan ditetapkan,” tegas mantan Ketua KPU Kabupaten Bangli selama dua periode ini.

KPU Bali yakin Komisioner KPU Klungkung bakal ‘lahir’ tepat waktu. Ditarget pada 7 Januari 2019 sebanyak 5 komisioner sudah diumumkan dan dilantik 9 Januari 2019. “Kami target 9 Januari 2019 sudah dilantik dan mereka bisa mengikuti bimbingan teknis di Jakarta saat itu juga,” tegas Lidartawan.

Lidartawan menyebutkan 10 nama yang mengikuti uji kelayakan memiliki peluang yang sama menjadi penyelenggara kepemiluan di Kabupaten Klungkung. “Proses uji kelayakan telah berjalan sesuai dengan mekanisme. Yang akan menentukan 5 komisioner tetap di pusat. Mereka semuanya punya peluang yang sama mengabdi di Klungkung 5 tahun ke depan,” ujar Lidartawan.

Sebelumnya 10 besar calon komisioner KPU Klungkung periode 2019-2024 sudah dikirim KPU RI, setelah mengikuti proses tes tulis, tes psikologi, tes kesehatan dan tes wawancara termasuk incumbent. Kemudian 10 besar ini dikirim lagi ke Bali untuk diuji kelayakan oleh KPU Bali. Sebanyak 10 orang itu adalah Ida Bagus Nyoman Bawarta (incumbent), Putu Budikrista Artawan, Tjokorda Darmaputra Pemayun, I Gusti Lanang Mega Saskara, Sang Ayu Mudiasih (incumbent), I Ketut Mudhita, I Komang Puja Sudarsana, I Dewa Gede Rai Punia Atmaja, I Gede Suka Astreawan, I Wayan Sumerta. *nat

Komentar