nusabali

Kapolda Terjun Langsung 'Amankan' Pantai Kuta

  • www.nusabali.com-kapolda-terjun-langsung-amankan-pantai-kuta

Kapolda Bali Irjen Pol Dr Petrus Reinhard Golose turun langsung ke Pantai Kuta, Kecamatan Kuta, Badung saat malam pergatian tahun, Senin (31/12).

Sampaikan Pesan Kebangsaan di Acara Kuta Beach Fireworks Festival


MANGUPURA, NusaBali
Orang nomor satu di Polda Bali ini terjun untuk memastikan keamanan dan kenyamanan kawasan wisata internasional itu terjamin. Bahkan, Kapolda Petrus Golose sempat ikut mengatur arus lalulintas.

Kapolda Petrus Golose terjun ke Pantai Kuta sejak Senin petang pukul 18.00 Wita, dengan didampingi Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Hengky Widjaja SIK Msi. Jenderal Bintang Dua asal Manado, Sulawesi Utara ini sempat berbaur dengan anggotanya untuk mengatur arus lalulintas dan mengarahkan para pengguna jalan yang terjebak kemacetan di Jalan Raya Pantai Kuta.

“Bapak Kapolda bukannya sengaja ingin mengatur arus lalulintas. Tapi, beliau secara spontan turut mengatur lalulintas, mungkin karena melihat situasi di Jalan Raya Pantai Kuta macet. Ini merupakan bentuk perhatian beliau terhadap keselamatan dan kenyamanan masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun," jelas Kombes Hengky Widjaja.

Kapolda Petrus Golose berada di Pantai Kuta hingga Selasa (1/1) dinihari pukul 01.00 Wita. Sebelum bersama-sama menyaksikan pesta kembang api, Kapolda beserta rombongan memantau situasi di sekitar Pantai Kuta dengan berjalan kaki, dengan didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol Drs I Wayan Sunartha beserta jajaran Pejabat Utama Polda Bali.

Saat detik-detik pergantian tahun 2018 ke 2019 tepat pukul 00.00 Wita, Kapolda menyaksikan pesta kembang api ‘Kuta Beach Fireworks Festival’. Pesta kembang api yang berlangsung sekitar 15 menit dengan 5.000 shoot tersebut juga dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, Sekda Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa, hingga Ketua Bhayangkari Daerah Bali Ny Barbara Golose.

Kapolda Petrus Golose menyatakan, pesta kembang api ‘Kuta Beach Fireworks Festival’ ini digelar atas kerjasama Polda Bali dan Pemkab Badung. Selain untuk menarik wisatawan datang ke Bali, kegiatan ini juga untuk menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan.  

Dalam dalam sambutannya, Kapolda mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Badung yang telah mendukung terselenggaranya malam perayaan tahun baru yang begitu spektakuler. “Saya sebagai Kapolda Bali mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Badung yang sudah memberikan kesempatan kepada kita bersama-sama dengan rakyat di Badung, dengan seluruh rakyat Bali, dan masyarakat Indonesia, serta wisatawan mancanegara yang hadir pada malam hari ini untuk menikmati semaraknya malam pergantian tahun,” ujar Kapolda Petrus Golose.

“From Bali we shake Indonesia, from Bali we shake the world (dari Bali kita guncang Indonesia, dari Bali kita guncangkan dunia, Red). Hanya di Bali kita temukan toleransi yang begitu luar biasa, dengan sikap saling menghormati antar umat beragama dan konsep Tri Hita Karana yang begitu mendunia. Di tahun 2019 kita gelorakan semangat persatuan dan kesatuan, berbeda tapi tetap satu. Mulai tahun 2019, di Bali tidak lagi ada preman dan narkoba,” lanjut Kapolda yang bikin tiarap aksi premanisme selama 2 tahun memimpin Polda Bali ini.

Kapolda Petrus Golose menjelaskan, melalui kegiatan ‘Kuta Beach Fireworks Festival’ ini diharapkan kunjungan wisatawan ke Bali akan semakin meningkat. Dengan demikian, bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat Bali yang sebagian besar bergerak dibidang pariwisata.

“Kita tahu di Bali adalah industri pariwisata. Kita membuat kegiatan ini untuk menarik lagi wisatawan, terutama turis dari luar negeri, yang dapat menambah devisa negara,” katanya.

Untuk memberikan keprcayaan kepada wisatawan agar mau datang ke Bali, menurut Petrus, adalah tugas semua pihak. Dari sisi pengamanan, Polda Bali memberikan jaminan. Hal itu dibuktikanya dengan pengamanan super ketat malam pergantian tahun kemarin, di mana seluruh jajaran Polda Bali melaksanakan siaga satu.

Menurut Kapolda, lebih dari 13.000 personel polisi di Bali siaga melaksanakan pengamanan agar malam pergantian tahun berjalan aman, tertib, dan lancar. “Hingga saat ini tidak ada hal-hal yang menonjol di wilayah Bali. Situasi keamanan kita bisa kendalikan dengan baik, sehingga situasi tetap aman dan kondusif.” *po

loading...

Komentar