nusabali

Ida Bagus Made Sunartha Terpilih Menjadi Bendesa Adat Sangeh

  • www.nusabali.com-ida-bagus-made-sunartha-terpilih-menjadi-bendesa-adat-sangeh

Krama Desa Adat Sangeh melaksanakan pemilihan bendesa adat setempat, Minggu (30/12).

MANGUPURA, NusaBali
Ida Bagus Made Sunartha terpilih menjadi Bendesa Adat Sangeh untuk periode 2019–2024, mengungguli calon lainnya yakni Ida Bagus Ketut Mertha. Sunartha akan menggantikan Bendesa Adat Sangeh sebelumnya yakni Ida Bagus Dwipayana.

Dalam proses pemungutan suara kemarin, Sunartha yang juga anggota Fraksi PDIP DPRD Badung ini memperoleh sebanyak 1.262 suara, sedangkan Mertha memperoleh 587 suara. Usai melakukan pemungutan suara langsung dilakukan penetapan. Namun untuk pengukuhan Bendesa Adat Sangeh terpilih masih menunggu hari baik.

Sunarta saat dikonfirmasi kemarin membenarkan bahwa dirinya unggul telak dalam pemungutan suara pada pemilihan Bendesa Adat Sangeh. “Ya, saya memperoleh seribu lebih suara, dan saudara saya separuh dari saya. Ini adalah amanah krama Adat Sangeh yang harus saya jalankan,” ujarnya.

Dia menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Karena ini adalah bentuk tanggung jawab, Sunartha berjanji bakal melaksanakan amanah yang dipercayakan kepadanya dengan sebaik-baiknya demi kepentingan krama Desa Adat Sangeh.

Sunartha yang juga anggota DPRD Badung ini, mengatakan adapun program yang akan dijalankan setelah dirinya terpilih yakni tetap membangun sinergi dengan desa dinas dalam pembangunan di Desa Sangeh. Karena Desa Sangeh memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai desa wisata.

“Kami nanti akan bersinergi dengan perbekel dan krama dalam memantapkan kembali pengembangan objek wisata Desa Sangeh. Apalagi Pemerintah Kabupaten Badung telah berkomitmen membantu pengembangan desa wisata di Badung dan kami dari desa adat akan mendukung program tersebut,” paparnya.

Untuk diketahui, Ida Bagus Made Sunartha merupakan tokoh masyarakat Desa Sangeh kelahiran 17 Juni 1958. Dia asal Banjar Muluk Babi Sangeh. Perkawinan Sunartha dengan Ida Ayu Ketut Suati dikaruniai dua orang anak, Ida Ayu Putu Lestari Dewi dan Ida Bagus Made Merta Dewa. Saat ini Sunartha merupakan anggota Fraksi PDIP di DPRD Badung. *asa

Komentar