nusabali

Masuki Pensiun, Camat Petang Dihadiahi Buku Biografi

  • www.nusabali.com-masuki-pensiun-camat-petang-dihadiahi-buku-biografi

Camat Petang Ida Bagus Nata Manuaba SH MH memasuki masa purna tugas pada Senin (31/12).

MANGUPURA, NusaBali
Sebelum pensiun, digelar acara pelepasan yang dihadiri seluruh pegawai di lingkungan Kecamatan Petang di Kebun Raya Eka Karya Baturiti, Tabanan, Sabtu (29/12). Saat itu, Camat Petang dihadiahi buku biografi Ida Bagus Nata Manuaba ‘Jejak Anak Jalanan’ karya I Kadek Sudharma Hariawan, mantan wartawan NusaBali yang kini jadi staf Camat Petang.

Nata Manuaba hadir bersama istri I Gusti Ayu Sudarmi dan anak bungsunya, Ida Bagus Nata Gosa. Sudharma mengatakan, buku tersebut bercerita tentang sesosok laki-laki yang menggunakan kegetiran hidupnya sebagai pintu masuk menggapai masa depan gemilang.

Buku setebal 93 halaman yang diawali pengantar oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta itu mengupas kisah hidup Nata Manuaba. Di buku tersebut juga diceritakan Nata Manuaba menggelayut jadi kernet bemo Sanur – Kreneng, bahkan mengajak Giri Prasta kecil berkelana sambil berantem.

Camat Petang Ida Bagus Nata Manuaba ketika dikonfirmasi membenarkan ada peluncuran buku biografinya di penghujung pengabdiannya sebagai PNS Pemkab Badung. Dia mengapresiasi biografi itu dengan gaya penulisan yang santai yang memuat kejutan-kejutan yang belum pernah terungkap ke publik. “Membaca buku itu serasa bukan sedang membaca kisah kehidupan, tetapi kisah hidup yang membuat kita sedang butuh sesuatu yang menginspirasi sekaligus memotivasi untuk menikmati proses panjang kehidupan menjadi lebih berharga,” tutur Nata Manuaba yang mengaku akan kembali ngayah sebagai Bendesa Adat Sandakan, Minggu (30/12).

Selain peluncuran buku biografi, saat itu juga diserahkan lukisan potret diri Nata Manuaba oleh Kasi Sosial Kecamatan Petang AA Widia Putra. Sekaligus digelar aneka lomba seperti tarik tambang, makan kerupuk, dan lari karung. *asa

Komentar