nusabali

Malam Tahun Baru, Pantai Kuta dan Legian Diprediksi Dipadati 30 Ribu Pengunjung

  • www.nusabali.com-malam-tahun-baru-pantai-kuta-dan-legian-diprediksi-dipadati-30-ribu-pengunjung

Pesta kembang api yang akan menyemarakkan malam pergantian tahun di Pantai Kuta dan Pantai Legian diprediksi bakal diikuti oleh sekitar 30–an  ribu wisatawan.

MANGUPURA, NusaBali
Demi suksesnya penyelenggaraan pesta kembang api yang didatangkan langsung dari Surabaya ini, pihak panitia di bawah koordinasi Dinas Pariwisata Kabupaten Badung telah bekerja sama dengan aparat keamanan, dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Linmas, pecalang, serta keamanan sipil.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung I Made Badra, mengatakan pesta kembang api untuk menyambut malam pergantian tahun idenya dari Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. “Awalnya, pesta kembang api akan ditembakkan dari tengah laut. Tapi karena pertimbangan faktor cuaca, jadi digeser ke darat titik peluncuran kembang apinya. Untuk lokasinya tetap sama yakni di depan Hotel Citadines Kuta. Kami sudah siapkan panggung di sana,” kata Badra.

“Mengenai hal ini kami pun sudah menyampaikan kepada Bapak Bupati dan Bapak Kapolda. Bagaimana pun kan kita harus mempertimbangan keselamatan,” imbuhnya.

Mengenai pesta kembang api, pejabat asal Kuta itu mengatakan tidak jauh berbeda seperti pesta kembang api pada umumnya. “Kami tidak adakan yang spesifik, seperti di luar negeri yang ada tulisannya. Kami tidak bikin yang seperti itu, karena kan ini di pantai yang tentu anginnya kencang sekali. Jadi kami bikin yang biasa saja,” ungkapnya. Menurutnya titik luncuran telah disiapkan berupa panggung di bibir pantai serta dua orang operator yang standby.

Kendati tidak ada kembang api yang spesifik seperti di luar negeri, namun durasi pesta kembang api akan berlangsung lumayan lama. “Sebab jumlahnya sekitar 5.000 shoot, jadi kami perkirakan berdurasi kurang lebih 15 menit,” imbuh Badra yang notabene mantan Kepala Dinas Perikanan Badung.

Tidak hanya kembang api, laser dan hiburan juga akan memeriahkan Kuta pada saat malam pergantian tahun. Untuk itu, Badra mengajak masyarakat dan wisatawan untuk datang menyaksikan pesta kembang api ini. “Kami yakin ini akan menjadi daya tarik wisatawan. Kami prediksi acara ini akan dihadiri sekitar 30 ribu pengunjung yang memadati Pantai Kuta dan Legian,” tandas Badra.

Disinggung soal pengamanan malam pergantian tahun di Kuta, Badra mengaku sudah dikoordinasikan dengan aparat terkait. “Demi kenyamanan dan keamanan malam pergantian tahun, petugas keamanan yang berjaga-jaga ada 1.010 personel, terdiri dari unsur kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Dishub, serta keamanan sipil, Linmas, sekaligus pecalang,” ucapnya.

“Bagi masyarakat yang hendak berlibur dan menikmati malam pergantian tahun di kawasan Pantai Kuta, hendaknya tertib saat memasuki wilayah Kuta, ikuti petunjuk petugas keamanan. Mengenai arus kendaraan sudah ada rekayasa lalu lintas, serta kantong-kantong parkir yang bisa dimanfaatkan,”  kata Badra. *asa

loading...

Komentar