nusabali

Ribuan Pamedek Hadiri Upacara Mapepada

  • www.nusabali.com-ribuan-pamedek-hadiri-upacara-mapepada

Di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Punduk Dawa

SEMARAPURA, NusaBali

Karya Tawur Agung Tri Bhuwana Panca Wali Krama Pujawali, Ngenteg Linggih, Mapeselang, Pedanan Lan Padudusan Agung Menawa Ratna, digelar di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana di Banjar Punduk Dawa, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Klungkung. Puncak karya jatuh saat Pamacekan Agung, Soma Kliwon Kuningan, Senin (31/12).

Serangkaian Karya, pada Saniscara Pon Dungulan, Sabtu (29/12) digelar upacara Mapepada dan Ida Bhatara Catur Parhyangan Landadia-dadia Katuur. Prosesi upacara ini diikuti oleh ribuan pamedek pasemetonan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) se-Nusantara. Wakil Ketua Panitia Karya, Wayan Sudiarsa mengatakan, upacara ini diawali menggelar Mapepada di Utama Mandala yang tujuannya untuk membersihkan (mensucikan) wewalungan yang akan dipakai upakara saat Puncak Karya di antaranya wewalungan kebo (kerbau), kambing, kijang, angsa, asu bang bungkem (anjing) dan petu (kera hitam).

“Prosesi Mapapada dimulai sekitar pukul 10.00 WITA,” ujar Sudiarsa kepada NusaBali. Upacara Mapapada juga diiringi Tari Rejang Renteng, Wayang Lemah dan Tari Topeng Sidakarya. Kata Sudiarsa, selanjutnya prosesi Nyanggra Ida Bhatara dari dadia Agung Pasek se-Nusantara, seperti Dadia Agung Pasek Gelgel, Toh Jiwa, Padang Subadra, Salahin, Ngukuhin, Gaduh, dan lainnya.

Selain itu sekitar pukul 14.00 WITA, tedun Ida Bhatara Saking Catur Lawa Besakih, Silayukti, dan Lempuyang Madya. Termasuk tedun Ida Bhatara Mpu Gana. “Upacara ini dipuput oleh 6 Ida Pandita Mpu,” ujarnya. Tujuan Karya Tawur Agung Tri Bhuwana Panca Wali Krama Pujawali, Ngenteg Linggih, Mapeselang, Pedanan, Lan Padudusan Agung Menawa Ratna, untuk pembersihan Bhuana Agung dan Bhuana Alit, diharapkan agar bisa terlepas dari bencana mengancam.

“Karya ini menyucikan dunia dan seisinya, Tri Bhuana (bhur, bwah, swah). Sehingga kita dapat menikmati hidup yang lebih baik dan berkulitas,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sudiarsa menjelaskan, adapun dudonan Karya Tawur Agung Tri Bhuwana Panca Wali Krama Pujawali, Ngenteg Linggih, Mapeselang, Pedanan, Lan Padudusan Agung Menawa Ratna, di Pura Penataran Agung Catur Parhyangan Ratu Pasek Linggih Ida Bhatara Mpu Gana selanjutnya, yakni pada Redite Wage Kuningan, Minggu (30/12) Melasti Lan Tawur Labuh Gentuh Ring Segara Goa Lawah.

Selanjutnya pada Soma Kliwon Kuningan, Senin (31/12) Puncak Karya, Mapaselang Nawa Ratna, Pengrayungan, Pedanan, Pujawali/Piodala, Ningkub, Ngenteg Linggih, Mapadyus-dyus Agung Ida Bhatara Tedun ke Pengrayunan Lan Mapedanan.

Pada Anggara Umanis Kuningan, Selasa 1 Januari 2019 Nyejer Ngaturang Penganyaran Selama 17 Hari dari 1-17 Januari 2019. Wraspati Paing Medangsia, Kamis, 17 Januari, Ngebekan Nyenuk Nyineb Rsi Bojana Lan Nyegara Gunung Mapekelem.

“Selama proses Karya ini berlangsung dipuput oleh oleh 250 Ida Pandita Mpu Pasek,” ujar Sudiarsa. Sementara itu Ketua MGPSSR Provinsi Bali, Jro Pasek Wisnu Bawa Temaja mengatakan hakekat dengan kompaknya keluarga besar Pasek dari seluruh dadia agung se-Bali datang ada juga dari Lombok, NTB dan lainnya, itu pertanda warga pasek bersatu padu untuk menyelenggarakan kegiatan upacara yang besar ini.

Untuk menyucikan alam semesta, sehingga dapat membuat harmonisasi di antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia dan manusia dengan alam.

“Siapapun yang mau sembayang ke sini boleh, kita ada tempat khusus di utamaning utama untuk persembahyangan seluruh umat Hindu, dan ada tempat utama untuk Ida Bhatara Mpu Gana,” katanya. *wan

Komentar