nusabali

Pemkab Percepat Pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas

  • www.nusabali.com-pemkab-percepat-pembangunan-pelabuhan-segitiga-emas

Pemkab Klungkung berkomitmen akan mempercepat mewujudkan pembangunan pelabuhan segitiga emas.

SEMARAPURA, NusaBali

Terlebih saat jelang hari raya, pengguna jasa penyeberangan mengalami peningkatan. Di sisi lain, pelabuhan yang ada sangat kurang nyaman. Percepatan pembangunan pelabuhan segitiga emas ini ditegaskan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di sela-sela menunggu antrean untuk menyeberang dari Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida ke Pelabuhan Kusamba, Klunkung daratan, Jumat (28/12). Menurut orang nomor satu di Klungkung ini, pelabuhan segitiga emas akan menghubungkan Klungkung daratan, Pulau Nusa Penida dan Nusa Ceningan-Lembongan. Pembangunan pelabuhan ini harus dipercepat.

Selain untuk mencegah munculnya pelabuhan-pelabuhan baru di sepanjang garis pantai, tiga pelabuhan ini akan menjadi satu-satunya pintu keluar masuk di pulau tersebut. Sehingga akan mempermudah melakukan pengawasan terhadap kunjungan wisatawan serta memberi kenyamanan bagi penggunanya. “Pembangunan pelabuhan segitiga emas rupanya harus dipercepat karena satu satunya akan memecah kebuntuan, kemudian menjadikan pintu masuk satu pintu,” ujar Bupati Suwirta.

Menurutnya, pelabuhan yang ada sekarang sangat kurang nyaman. Terlebih di saat hari raya, jumlah penumpang/pengguna jasa penyeberangan mengalami peningkatan. Banyak di antaranya yang menunggu antrean duduk di sembarang tempat. Belum lagi cuaca kurang bersahabat, seperti hujan, akan menambah masalah baru. Dengan dibangunnya pelabuhan segitiga emas, parkir dan ruang tunggu yang memadai, diharapkan akan memberi kenyamanan bagi penggunanya. “Ini menjadi catatan saya untuk mempercepat mewujudkan pelabuhan segitiga emas tersebut,” tegasnya.

Menggeliatnya kepariwisataan di Nusa Penida juga menjadi catatan Bupati asal Nusa Ceningan ini. Menurutnya, pariwisata yang berkembang saat ini harus dibarengi dengan peningkatan infrastruktur dan SDM yang memadai. “Ini juga menjadi PR (pekerjaan rumah) saya berikutnya. Bagaimana mengembalikan SDM warga lokal, termasuk perbaikan infrastruktur, pelabuhan dan paling penting adalah sistem atau badan pengelola pariwisata Nusa Penida harus segera diwujudkan,” imbuhnya.

Sementara itu, suasana di pelabuhan penyeberangan Sampalan, Nusa Penida pada Pahing Galungan, Jumat (28/12), mengalami peningkatan. Selain warga Nusa Penida yang bekerja di luar pulau, para penumpang juga didominasi oleh umat yang melakukan persembahyangan dan wisatawan lokal maupun manca negara.*wan

Komentar