nusabali

Kominfo Segera Luncurkan Aplikasi Promosikan Tabanan

  • www.nusabali.com-kominfo-segera-luncurkan-aplikasi-promosikan-tabanan

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Tabanan merancang aplikasi yang nantinya bisa diakses dengan menggunakan HP berbasis Android dinamakan ‘Tabanan dalam genggaman’.

TABANAN, NusaBali
Tujuannya untuk mempromosikan beragam potensi yang ada di Tabanan. Saat ini sudah dilakukan uji coba namun masih penyempurnaan pembuatan aplikasi. Diharapkan aplikasi kekinian ini bisa berjalan di 2019.

Kasi Pengembangan Ekosistem E-Government Diskominfo Tabanan I Gusti Putu Winiantara, menjelaskan aplikasi ‘Tabanan dalam genggaman’ diluncurkan, seiring dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat sehingga perlu menyeimbangkan agar dijadikan hal positif. Salah satunya untuk mempermudah mempromosikan beragam potensi Kabupaten Tabanan. “Dengan aplikasi ini, masyarakat akan dengan mudah mengetahui tentang potensi Tabanan. Karena segala informasi potensi Tabanan ada di aplikasi itu,” ujarnya, Minggu (23/12).

Winiantara mengatakan, ketika aplikasi ini sudah tersedia, masyarakat nantinya bisa mengakses informasi mulai dari kuliner, pertanian, UKM, hotel, rumah sakit, apotek, pelayanan publik, dan semuanya. Sehingga sangat membantu ketika ada wisatawan atau masyarakat yang belum mengetahui tentang Tabanan. “Kami ingin membentuk pasar virtual mempromosikan seluruh potensi yang dimiliki di Tabanan. Jadi kalau ingin tahu tentang informasi apa saja cukup dilihat di aplikasi tersebut,” bebernya.

Terobosan ini, menurut Winiantara, sudah mulai enam bulan lalu. Serta saat ini masih uji coba dikarenakan memerlukan teknologi artificial intelligence (AI). Dan untuk bisa segera diterapkan, pihaknya juga telah mengajukan anggaran di 2019 sebesar Rp 300 juta. “Kemungkinan di triwulan kedua diterapkan, karena dengan anggaran itu kami akan pergunakan untuk pendataan potensi dan aplikasi,” tegasnya.

Dengan demikian, ketika seluruhnya sudah siap, barulah masyarakat bisa menggunakan aplikasi ini. Aplaikasi tersebut bisa didownload lewat playstore.  “Kami harus mencari data yang akurat. Kemungkinan akan kerja sama dengan masyarakat, UMKM, ataupun koordinasi dengan OPD terkait untuk proses kelengkapan data,” ucapnya. *de

Komentar