nusabali

DPRD Tetapkan Perda Keolahragaan

  • www.nusabali.com-dprd-tetapkan-perda-keolahragaan

DPRD Gianyar akan mengesahkan Raperda Keolahragaan menjadi Perda Olahraga Kabupaten Gianyar, Jumat (28/12) ini.

GIANYAR, NusaBali
Ranperda ini disahkan setelah sebelumnya dilakukan Sosialisasi/Uji Publik di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Gianyar Senin (24/12). Ketua Pansus B DPRD Gianyar Cokorda Wisnu Parta mengatakan, dasar pertimbangan pembuatan Raperda Keolahragaan tersebut untuk memberikan perlindungan dan peningkatan prestasi olahragawan di daerah. Perlindungan ini bersifat menyeluruh sehingga wajib dilakukan pembangunan, pengembangan dan pemerataan akses di bidang keolahragaan. Pola itu sesuai dengan nilai kearifan lokal dan kebutuhan kondisi daerah.

Disamping itu, Raperda tersebut diharapkam dapat menjamin keolahragaan, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat tentang keolahragaan dan untuk mensinkronisasikan, mengkoordinasikan keolahragaan antara KONI dengan OPD terkait.

Ditambahkannya, maksud dan tujuan sosialisasi/uji publik tersebut adalah agar masyarakat khususnya komponen keolahragaan dapat mengetahui/ memahami isi dari Raperda.

Pada kesempatan tersebut, anggota Pansus Putu Gede Pebriantara turut memberikan penjelasan terkait sejumlah materi penting yang terkandung dalam Raperda Keolahragaan. Materi itu wajib dipahami oleh seluruh komponen keolahragaan di Kabupaten Gianyar. Antara lain, hak- hak yang akan diperoleh bagi atlet – atlet yang berprestasi agar dapat dijadikan sebagai motivasi dalam memajukan keolahragaan di Kabupaten Gianyar. Dilanjutkan Putu Pebri, dengan raperda Keolahragaan menandakan bahwa Kabupaten Gianyar serius memperhatikan kesejahteraan para atletnya. “Dengan adanya Raperda Keolahragaan ini, mengindikasikan bahwa Pemkab Gianyar sangat memperhatikan para olahragawan yang ada di Gianyar” ujar anggota DPRD Gianyar asal Desa Batuan, Sukawati tersebut.

Jelas dia, Raperda ini perlu segera disahkan karena sangat baik untuk kesejahteraan para atlit maupun para mantan atlet. “Pada intinya seluruh komponen keorahragaan di Kabupaten Gianyar menyambut sangat antusias keberadaan Raperda tersebut dan berharap dapat segera diterapkan," imbuh anggota Fraksi PDIP tersebut.*nvi

Komentar