nusabali

Usai Natal dan Galungan, Volume Sampah Naik 20 Persen

  • www.nusabali.com-usai-natal-dan-galungan-volume-sampah-naik-20-persen

Volume sampah usai Hari Raya Natal dan Galungan mengalami peningkatan cukup signifikan.

MANGUPURA, NusaBali
Jika hari biasanya rata-rata 286 ton per hari, tapi saat Hari Raya Natal dan Galungan ini terjadi penambahan sampai 20 persen.

“Peningkatannya usai hari raya ini 20 persen atau sekitar 50 ton per hari. Sampah ini 98 persen adalah sampah organik dan 2 persen adalah sampah plastik,” tutur Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung I Putu Eka Merthawan, Kamis (27/12).

Fenomena ini bukan kali ini saja terjadi, pasalnya hampir setiap hari raya terjadi peningkatan volume sampah. “Tapi kami sudah antisipasi ini, jadi walau ada peningkatan dapat tertangani dengan baik,” tegasnya.

Merthawan menambahkan, peningkatan volume sampah ini tidak termasuk sampah yang ada di pantai. “Untuk di pantai beda lagi datanya. Kami masih melakukan perekapan, yang jelas terjadi fenomena unik, sebab justru sekarang kayu gelondongan menepi ke Pantai Jerman. Ini tumben kami lihat,” akunya.

“Makanya sekarang kami kerahkan petugas untuk standby di Pantai Jerman,” kata Merthawan sembari mengaku jika sampah kiriman di pantai barat Badung semakin berkurang menjelang tahun baru. *asa

Komentar