nusabali

Diadu di 5 Debat Capres

  • www.nusabali.com-diadu-di-5-debat-capres

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyarankan salah satu materi debat memasukan materi terkait dengan pandangan masing-masing paslon mengenai penanganan bencana.

Jokowi-Ma'ruf Amin vs Prabowo-Sandiaga

JAKARTA, NusaBali
Pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bakal diadu dalam lima kali debat. Ada debat yang diikuti secara berpasangan, dan ada pula debat yang diikuti masing-masing kandidat.

KPU menetapkan lima kali debat berdasarkan kesepakatan dengan masing-masing tim kampanye paslon. Kelima debat bakal digelar di Jakarta. "Tempat sudah disepakati, lima kali debat akan dilaksanakan di Jakarta," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (19/12), dilansir detikcom.

Arief mengatakan urutan debat juga telah disepakati. Debat pertama akan dilakukan oleh tiap pasangan capres-cawapres, dilanjutkan pada debat kedua dengan debat antar-calon presiden. "Sudah disepakati urutan debat pertama paslon capres-cawapres. Kedua, debat antar-calon presiden," kata Arief. "Ketiga, antar-calon wakil presiden. Keempat, antar-calon presiden, dan terakhir, paslon capres-cawapres," sambungnya.

Lokasi debat juga telah ditentukan dalam rapat koordinasi. Debat pertama dijadwalkan dilaksanakan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, kedua di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta. Debat ketiga di Hotel Sultan Senayan, lalu tahapan debat keempat di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan. Sedangkan debat terakhir kembali dilaksanakan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. KPU juga telah menetapkan media elektronik televisi yang menyiarkan debat capres-cawapres Pemilu 2019.

Dalam rapat pengundian dan penetapan penyiaran ini, turut hadir Ketua KPU Arief Budiman, Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Komisioner Bawaslu Rahmat Bagja, Wakil Direktur TKN Jokowi-Ma'ruf, Lukman Edy, Direktur Konten TKN Jokowi-Ma'ruf, Fikri Satari, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso, hingga Direktur Materi Debat dan Kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Sudirman Said. Rapat juga dihadiri pemimpin redaksi media-media.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyarankan salah satu materi debat calon presiden dan calon wakil presiden memasukan materi terkait dengan pandangan masing-masing paslon mengenai penanganan bencana. "Capres harus punya proposal yang memadai untuk menghadapi bencana ini dan harus menjadi bahan perdebatan bagi para capres," kata Fahri dalam keterangan tertulisnya seperti diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Ia menilai langkah konkret menghadapi bencana alam jangan sekadar basa-basi dan janji yang tidak dipenuhi. Namun, harus dipenuhi untuk menjamin keselamatan bangsa Indonesia. Menurut Fahri, amanah dari pembukaan UUD NRI Tahun 1945 yang utama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. "Menempatkan teknologi pemantauan dan mitigasi bencana di Indonesia adalah sesuatu yang sangat mutlak dan darurat. Itu pertama yang saya katakan sebagai pandangan terakhir tentang bagaimana cara mengatasi bencana," ujarnya. *

Komentar