nusabali

Pamedek Antre di Pura Lempuyang

  • www.nusabali.com-pamedek-antre-di-pura-lempuyang

Pamedek di Pura Sad Kahyangan Lempuyang, Banjar/Desa Pakraman Purwayu, Desa Tri Buana, Kecamatan Abang, Karangasem, membeludak pada Wraspati Umanis Dungulan, Kamis (27/12).

AMLAPURA, NusaBali
Pamedek dari jaba tengah menuju utama mandala Pura Penataran Agung hanya melintasi satu jalur di candi gelung kori bagian timur. Imbasnya antrean menumpuk di tangga candi gelung, selebihnya antre di bale pesandekan.

Antrean juga terjadi di jaba pura. Kendaraan pamedek mengular hingga 2 kilometer dari Banjar Basangalas hingga Terminal Banjar Kemuda. Antrean ini menjadi berkah bagi ratusan ojek dadakan. Mereka lalulalang menawarkan jasa untuk mengantar pamedek hingga ke Terminal Banjar Kemuda atau naik ke Pura Penataran Agung. Sedangkan pamedek dari Terminal Banjar Kemuda diantar shuttle bus. Sebanyak 10 bus melayani pamedek, satu bus mogok di tanjakan.

Sementara para pamedek usai melakukan persembahyangan dipersilakan meninggalkan jeroan Pura Penataran dan menuruni candi gelung kori bagian selatan. Pangayah pecalang sebanyak tiga orang kemudian mempersilakan pamedek yang antre memasuki utama mandala untuk sembahyang. Pujawali di Pura Penataran diawali nedunang Ida Bhatara dari Pura Sad Kahyangan Puncak Luhur, ditandai mundut pratima dan iring-iringan atribut suci dikoordinasikan Jro Mangku Gede Wangi. Pratima kemudian kalinggihang (distanakan) di Pura Penataran Agung. Pujawali dipuput Ida Pedanda Gede Pasuruan dari Gria Kawan, Banjar Brahmana, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem.

Ida Bhatara nyejer selama tiga hari, nyineb pada Redite Wage Kuningan atau Olihan Minggu (30/12) nanti. Disebutkan, pujawali di Pura Sad Kahyangan Lempuyang terbagi di lima palebahan pura yakni Pura Pasimpenan, Pura Penataran, Pura Telaga Mas, Pura Pasar Agung, dan Pura Pucak Luhur. Sementara Bendesa Pakraman Purwayu yang juga Ketua Harian Panitia Karya Panca Balikrama Pura Sad Kahyangan Lempuyang, I Nyoman Jati, sosialisasikan rencana Karya Panca Balikrama kepada pamedek yang telah selesai sembahyanga, Puncak Karya digelar pada Redite Kliwon Pujut, Minggu 20 Januari 2019. *k16

Komentar