nusabali

Liburan, Wisatawan Serbu Tanah Lot

  • www.nusabali.com-liburan-wisatawan-serbu-tanah-lot

Arus Lalu Lintas Jalur Baturiti Padat Lancar

TABANAN, NusaBali
Liburan Umanis Galungan dan Hari Raya Natal, wisatawan serbu Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan pada Kamis (27/12). Selama liburan, rata-rata kunjungan per harinya di atas 12 ribu dibanding hari biasa yang hanya 8 ribu.

Manajer DTW Tanah Lot I Ketut Toya Adnyana mengungkapkan semenjak libur Hari Natal per hari kunjungan mencapai 14 ribu lebih. Jumlah kunjungan berbeda di hari biasa yang hanya tembus 8-10 ribu wisatawan. “Di hari Natal kemarin kunjungan tembus di angka 14.406 baik manca negara maupun domestik,” ujarnya, Kamis (27/12).

Dikatakan untuk Hari Umanis Galungan kunjungan juga meningkat. Dari pagi hingga pukul 13.00 Wita sudah tembus 5.714. Dan diprediksi bertambah terutama saat sore hari karena wisatawan ingin mengabadikan sunset. “Cuaca cukup cerah, pemandangan sunset pasti jelas, mudah-mudahan cuaca tidak mendung,” imbuhnya.

Toya Adnyana mengakui, para pengunjung yang datang ke Tanah Lot kebanyakan berasal dari kota besar, seperti Jakarta, Malang, Surabaya, Makassar, dan Solo. Hal ini dapat diketahui dari nomor polisi kendaraan atau mobil yang digunakan. Termasuk juga wisman dari berbagai negara seperti Jepang, Korea, dan Amerika. “Kebanyakan domestik, 70 persen domestik, 30 persen manca negara,” akunya.

Menurut Toya Adnyana selama liburan Natal dan tahun baru, pihaknya tidak ada persiapan khusus, namun selama Nataru sudah melibatkan pecalang dalam pengamanan. “Selain polisi dan petugas, kami sudah melibatkan pecalang terutama di bagian luar kawasan dan dalam kawasan.”

Sementara itu, arus lalu lintas menuju objek wisata di Tabanan padat lancar. Terutama jalur menuju Objek Wisata Kebun Raya Bali dan DTW Ulun Danu Beratan. Meskipun demikian tidak sampai terjadi macet total, karena petugas kepolisian sudah stand by di sejumlah titik.

Kasat Lantas Polres Tabanan AKP Ida Ayu Made Kalpika Sari, menerangkan arus lalu lintas menuju arah Kecamatan Baturiti padat lancar mulai dari Patung Jagung. Tidak ada arus lalu lintas yang macet. “Personel sudah stand by di titik tertentu mulai dari pos pantau dan arah menuju wisata,” tandas AKP Kalpika Sari. *de

Komentar