nusabali

Dinas Sosial Tanam 1.000 Kelapa di Muntigunung

  • www.nusabali.com-dinas-sosial-tanam-1000-kelapa-di-muntigunung

Dinas Sosial Karangasem bersama Dinas Pertanian Karangasem menanam 1.000 bibit kelapa di Banjar Muntigunung, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Karangasem, Jumat (21/12).

AMLAPURA, NusaBali
Penanaman tahap pertama di sekitar proyek Desaku Menanti sebanyak 300 bibit, nantinya berlanjut di sepanjang jalan menuju lokasi Desaku Menanti. Tujuannya agar jalur tersebut rindang, buah dan janur bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Kepala Dinas Sosial, Ni Ketut Puspa Kumari, memilih Banjar Muntigunung tempat tanam pohon kelapa karena di banjar itu ada program Desaku Menanti. Saat ini tengah membangun 50 rumah singgah untuk memberdayakan mantan gepeng. Rumah singgah diagendakan diresmikan Bupati I Gusti Ayu Mas Sumatri pada Selasa 15 Januari 2019. Desa Muntigunung saat ini tandus sehingga perlu perindang.

Dikatakan, bibit kelapa itu sumbangan dari Dinas Pertanian Karangasem. Kelapa yang merupakan tanaman keras, cocok tumbuh di lahan keras seperti di Banjar Muntigunung dan sekitarnya. Hadir di acara itu Kapolsek Kubu AKP Made Suadnyana, Camat Kubu I Made Suartana dan jajarannya. Kepala Dinas Pertanian I Wayan Supandi membenarkan, menyuplai 1.000 bibit kelapa yang ditanam di Banjar Muntigunung. Tanam kelapa untuk mendukung Karangasem jadi tuan rumah Festival Kelapa Indonesia 2019.

Dalam festival nanti mengundang 248 Bupati se-Indonesia, yang menjadi anggota Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek). Acara nanti disinkrunkan merayakan Hari Kelapa Internasional ke-50 yang anggotanya 18 negara tergabung dalam Asian and Pasific Coconut Community (APCC). *k16

loading...

Komentar