nusabali

Beh, Sampah Sumbat Pembuangan Air

  • www.nusabali.com-beh-sampah-sumbat-pembuangan-air

Areal tanah negara (TN) di Banjar Ketapang Lampu, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, dipenuhi sampah.

NEGARA, NusaBali
Bahkan, sampah-sampah yang didominasi jenis plastik menumpuk di sekitar saluran pembuangan air menuju pantai setempat.  Tumpukan sampah ini diduga menjadi salah satu pemicu banjir di sejumlah wilayah Desa Pengambengan, setiap musim hujan. Perbekel Pengambengan Samsul Anam, Kamis (20/12), mengatakan, sampah berupa limbah rumah tangga yang turut menutup badan saluran pembuangan air di timur Pura Segara Pengambengan, itu merupakan sampah yang dibuang warga sekitar. Selama ini, warga terbiasa membuang sampah di areal TN, itu karena enggan membuang sampah di sejumlah tempat pembuangan yang disediakan pemerintah. “Ada disediakan tempat pembuangan sampah, tetapi warga mau biar cepat, ya dibuang di TN itu. Dipikir kalau hujan pasti akan dibawa ke laut. Tetapi karena banyak sampah, akhirnya menyumbat saluran pembuangan air,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menggugah kesadaran warga, pihaknya maupun instansi-instansi lainnya, juga sering bergotong-royong membersihkan sampah di areal TN tersebut, dengan melibatkan warga termasuk sejumlah anak-anak SD sekitar. Termasuk berusaha dipasang plang larangan membuang sampah di lokasi tersebut. Hanya saja, kebiasan membuang sampah sembarang, itu tetap sulit dirubah. “Selain pasang plang, kami dari desa sering mengawasi di sana. Tetapi dijaga siang, malamnya dibuang. Sudah tidak bisa kalau hanya sekedar mengimbau,” ungkapnya.

Meski demikian, ia mengaku tetap berusaha mencari solusi untuk persoalan tersebut. Di mana pada tahun 2019, pihaknya telah memprogramkan pembangunan bank sampah, dengan memberikan layanan penjemputan sampah di rumah-rumah warga. Nantinya, melalui keberadaan bank sampah yang dapat memberikan tambahan secara ekonomi kepada warga, itu diharapkan benar-benar membuat warga sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Kami sudah programkan di APBDes 2019. Untuk membangun bank sampah, itu kami akan menyewa lahan 10 are milik KUD (Koperasi Unit Desa). Kami harap kedepannya tidak ada lagi warga membuang sampah sembarangan,” ujarnya. *ode

Komentar