nusabali

Antisipasi Kemacetan di Gerbang Tol, JBT Siapkan Mobile Reader

  • www.nusabali.com-antisipasi-kemacetan-di-gerbang-tol-jbt-siapkan-mobile-reader

Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019, Jasamarga Bali Tol (JBT) memprediksi akan ada kenaikan pengguna jasa tol.

MANGUPURA, NusaBali
Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di gerbang tol, pihak JBT menyediakan mobile reader alias perangkat transaksi bergerak. Penggunaan alat ini bertujuan untuk mempercepat transaksi guna menghindari antrean atau kemacetan yang terjadi saat meningkatnya volume kendaraan, terutama di gerbang tol.

Humas Jasamarga Bali Tol (JBT) I Putu Gandhi Ginatra, mengungkapkan  disediakannya mobile reader tersebut sebagai salah satu inovasi baru dalam mengurai kemacetan di gerbang tol. Berbagai kendala dalam melakukan transaksi di gerbang tol memang kerap terjadi selama ini. Setelah dilakukan kajian, mobile reader akan dipergunakan ketika situasi ‘emergency’. Pasalnya, selama libur Nataru ini ada perkiraan lonjakan pengguna jasa tol. “Biasanya per hari kami melayani 40 ribu pengguna jasa tol. Nah, kami mempresiksi akan mengalami kenaikan 25 persen dari total sekarang yakni menjadi 50 ribu per hari. Ini yang akan kami antisipasi, agar tidak terjadi penumpukan pengguna jasa di gerbang tol,” ungkapnya, Rabu (19/12) siang.

Gandhi melanjutkan, penggunaan mobile reader tergantung pada situasi dan kondisi di tiga titik gerbang masuk tol (Benoa, Bandara, Nusa Dua). Ketika ada penumpukan kendaraan di gerbang tol, pihaknya langsung jemput bola dan melayani transaksi menggunakan mobile reader.

Gandhi juga mengakui untuk alat per gerbang nantinya akan disiapkan dua sampai tiga mobile reader. Sementara, untuk petugas memang akan dilakukan persiapan khusus untuk melakukan penjagaan selama liburan nanti. Pihaknya akan menyiapkan satgas khusus selama libur Nataru. Meski demikian, kepada pengguna jalan yang akan melalui jalan tol, diharapkan agar selalu mempersiapkan kartu tol untuk menghindari antrean. “Selain itu diharapkan agar saldo kartu tol juga diperhatikan. Ini juga salah satu upaya untuk mengurai kemacetan,” katanya.

Selain menyediakan layanan mobile reader, JBT sedang memberikan apresiasi kepada pengguna jasa. Apresiasi ini dengan memberikan hadiah sepeda motor kepada pengguna jasa tol. Gandhi berharap dengan adanya undian ini dapat membangkitkan animo pengguna jalan untuk terus menggunakan jalan tol.

“Selain penyediaan perangkat bergerak, kami juga punya program dalam menyambut Nataru ini. Kami berikan apresiasi kepada pengguna tol, berupa hadiah. Caranya, pengguna jasa tol harus mengisi form di balik karcis bayar tol. Ini berlaku dari 14 – 30 Desember dan pengundian 31 Desember 2018,” tuturnya. *dar

loading...

Komentar