nusabali

Bupati Resmikan Pusat Cuci Darah

  • www.nusabali.com-bupati-resmikan-pusat-cuci-darah

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meresmikan Hemodialysis Center ‘Cemerlang’ atau pusat cuci darah dan Gedung Rawat Inap Cempaka BRSUD Tabanan, Selasa (18/12).

TABANAN, NusaBali
Di pusat cuci darah ini tersedia 40 mesin, sedangkan Gedung Cempaka berkapasitas 79 tempat tidur. Direktur BRSU Tabanan dr I Nyoman Susila menjelaskan gedung rawat inap Cempaka sebelumnya merupakan ruangan rawat inap dengan 24 tempat tidur. Namun dilakukan pembangunan ulang menjadi gedung tiga lantai. “Kami mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat Rp 14 miliar untuk pembangunannya,” ungkapnya.

Susila menjelaskan, lantai satu Gedung Cempaka digunakan untuk layanan rawat inap HCU (high care unit) dengan 12 bed (tempat tidur) pasien dan ruang isolasi sebanyak enam bed. Kemudian lantai dua dan tiga digunakan sebagai ruang rawat inap biasa kelas III dengan masing-masing 30 bed pasien. “Jadi total penambahan kapasitasnya menjadi 79 tempat tidur,” imbuhnya.

Dengan penambahan tempat tidur dari awalnya 225 kini menjadi 280 bed. “Dengan penambahan tempat tidur untuk kelas III ini, kami harapkan bisa mengurai antrean tempat tidur di BRSU Tabanan,” tegas Susila.

Sedangkan mengenai Hemodialysis Center telah disediakan 40 mesin sehingga bisa melayani 80 orang pasien setiap harinya, karena diberlakukan dua shift. “Sebelumnya karena kekurangan alat, beberapa pasien ada yang berobat ke Denpasar. Dengan adanya tambahan alat ini kami harapkan mereka yang dulu harus berobat  RSUP Sanglah (Denpasar), kini bisa di Tabanan,” tandasnya. *de

Komentar