nusabali

Berada di Kawasan Kuburan Desa, Aan Secret Waterfall Punya Daya Magis Tinggi

  • www.nusabali.com-berada-di-kawasan-kuburan-desa-aan-secret-waterfall-punya-daya-magis-tinggi

Aura yang kuat terasa di beberapa titik lorong tebing.

SEMARAPURA, NusaBali.com
Dalam perjalanan kembali setelah menelusuri spot-spot air terjun di Aan Secret Waterfall, Pak Dira, selaku pemandu sekaligus yang pertama kali ‘ngeh’ dengan keberadaan air terjun ini menghentikan langkah kami. Spontan pandangan saya tertuju pada telunjuk kanannya yang terlihat menunjuk sesuatu di tebing. Memang benar, sedari tadi batu yang menempel di tebing berlumut itu memang sedikit mengusik pandangan saya.

“Coba perhatikan tebing itu. Memang sekilas tampak seperti tebing biasa. Tapi, coba perhatikan bentuk batu yang melekat di dalamnya. Bentuk apa kira-kira?” tanya Pak Dira. “Anjing?” jawab saya meyakinkan diri.

Baca juga: Kisah Penemuan Objek
Wisata Baru di Klungkung Bali


“Iya, mirip anjing kan? Konon, di area tempat kita sekarang ini memang yang auranya paling kuat. Beberapa waktu lalu ketika kami bersih-bersih dan menata tempat ini, di foto-foto banyak ada penampakan batu-batu yang mirip binatang, seperti macan tidur, buaya putih, dan yang lainnya,” tutur pria yang telah melepas pekerjaannya dari sektor pariwisata tersebut.


Foto : Tebingnya yang menjulang tinggi menambah kesan magis Aan Secret Waterfall - Dok. NusaBali.com

Sekilas saya bergidik. Seperti ada dingin yang menyeruak di permukaan kulit. Dulunya, tempat ini adalah jurang yang disebut ‘Ulun Pangkung’ oleh masyarakat setempat. Kawasan ini pun masih mencakup daerah pekuburan dan tempat kremasi bagi sebagian besar masyarakat Desa Aan, Banjarangkan, Klungkung, Bali. Dan Ulun Pangkung yang saat ini kami pijaki ini adalah tempat pembuangan sisa-sisa upacara, beraneka sampah rumah tangga, hingga bangkai hewan.

Pak Dira adalah satu dari sebagian orang yang terpanggil untuk merawat lingkungan dan potensi tersembunyi. Sebelumnya Desa Aan merupakan desa biasa yang jarang dilirik orang, namun kini desa kecil tersebut menjelma perlahan dan mulai menyuarakan gaungnya.

Cerita Pak Dira tentang aura mistis desa ini belum usai, konon kata orang pintar di sekitar kawasan ini sering didengar ada orang ramai. Bagi orang yang peka, ia akan melihat asap mengepul seperti ada orang memasak. Dicium pula bau masakan.

“Coba tanyakan pada orang pintar, dan ada juga yang bilang seperti ada pasar, seperti griya wong samar,” bubuhnya meyakinkan.

Baca juga: Penemuan 5 Sumber
Mata Air Suci di Aan Secret Waterfall


Namun, jauh di atas semua itu, keberadaan objek pariwisata baru ini cukup memberi warna bagi para petani yang biasa bertani di kawasan tersebut karena Pak Dira sengaja membangun sebuah warung kecil di sebagian lahan sawahnya yang dinamai Secret Warung, dan merupakan bagian dari Aan Secret Waterfall. Maka, petani yang kebetulan lewat dapat singgah untuk sekedar melepas penat, ngopi, atau curhat. Anak-anak muda desa juga jadi punya markas baru untuk berkumpul bersama teman, bertemu orang-orang baru yang sengaja berkunjung melihat keindahan Aan Secret Waterfall.

 Lokasinya yang dekat dengan Pura Dalem, menjadikan kawasan yang biasa disebut Uma Abasan tersebut agak ‘berbeda’ dari uma/sawah di kawasan lainnya. Bagi yang peka, maka area Pura Dalem dan Uma Abasan merupakan tempat mengerikan karena banyak penunggunya. Namun, sejak kawasan ini ramai oleh pengunjung, kesan angker itu perlahan pudar.

Perjalanan kami berlanjut. Setelah melalui tebing tadi, hawa dingin yang sedari tadi berdesir perlahan lenyap. Berjalan beberapa meter lagi, kami kembali disambut aura baru yang berbeda. Tempat ini mulai memperkenalkan dirinya. *ph

Komentar