nusabali

Masyarakat Diminta Waspada

  • www.nusabali.com-masyarakat-diminta-waspada

20-22 Desember Cuaca Ekstrem

JAKARTA, NusaBali
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem. BMKG menyebut hampir seluruh wilayah Indonesia memasuki musim hujan.

"Bahwa masuknya musim hujan ini seperti biasanya akan disertai potensi baik banjir, longsor, bahkan banjir bandang, angin kencang, puting beliung, dan kilat petir," ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di gedung C BMKG, Jalan Angkasa I, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, (17/12) seperti dilansir detik.

"Oleh karena itu, kami mengimbau dan mengingatkan agar masyarakat tetap waspada kemungkinan terjadinya potensi-potensi cuaca ekstrem," sambung Dwikorita.

Cuaca ekstrem ini diprakirakan terjadi pada 20-22 Desember. Cuaca ini juga dipengaruhi aktivitas Monsun Asia, angin yang berembus secara periodik.

"Sehingga kami memberikan semacam peringatan dini nanti pada tanggal 20-22 Desember. Ini aktivitas Monsun Asia akan aktif kembali, kemungkinan potensi hujannya akan meningkat kembali," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Prabowo, dalam jumpa pers yang sama.

Pada tanggal itu, hujan lebat diprakirakan BMKG terjadi di Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, NTB, dan Papua.

Selain itu, masyarakat juga diimbau mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di pantai selatan Jawa Barat, pantai barat Lampung serta Bengkulu. *

loading...

Komentar