nusabali

Rampung, Pasar Badung akan Dipelaspas Sabtu Ini

  • www.nusabali.com-rampung-pasar-badung-akan-dipelaspas-sabtu-ini

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Denpasar memastikan proyek Pasar Badung bakal rampung tepat waktu pada 22 Desember 2018.

DENPASAR, NusaBali
Pada hari itu juga yakni pada Saniscara Umanis Sungsang yang bertepatan dengan Purnama Kapitu, gedung baru dengan 2 basement dan 4 lantai ini akan dilakukan upacara pamelaspasan. Plt Kepala Dinas PUPR Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta, didampingi Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Pengembangan Kawasan Permukiman, Agus Sudarmo, Senin (17/12) mengungkapkan, dari segi fisik, Pasar Badung sudah rampung mencapai hampir 98 persen.  Jimmy mengungkapkan, para pekerja dari rekanan PT Nindya Karya (Persero) kini tinggal melakukan pembersih dan pembuatan gelung kori di depan pasar. "Pengerjaannya tinggal sedikit lagi, pembersihan lantai bekas-bekas proyek dan pengerjaan gelung kori di depan. Dalam waktu tiga hari ini mereka fokus menyelesaikan itu. Kami beri batas waktu hingga pukul 00.00 Wita. Setelah itu baru kita bisa tentukan kembali rampung atau tidaknya," jelas Jimmy.

Kata dia, selain semua item di dalam gedung sudah rampung dikerjakan, fasilitas lainnya seperti 10 unit eskalator dan 6 lift juga sudah terpasang. Saat ini pihak rekanan dengan Dinas PUPR tinggal melakukan uji coba pemakaian eskalator dan lift tersebut. "Itu sudah rampung tinggal uji coba saja nanti. Kami kan menerima dari rekanan apabila proyek dan fasilitasnya sudah lengkap sesuai perjanjian. Jika tidak kami belum mau menerima itu," ujarnya.

Sementara itu, Dinas PUPR Kota Denpasar kini sedang mempersiapkan upacara pamelaspasan yang dilaksanakan pada Sabtu (22/12) bertepatan dengan rahina Purnama Kapitu. "Selesai tidak selesai upacara pamelaspasan tetap kami gelar sesuai agenda. Soal biaya kami ambil sharing saja dengan PD Pasar di luar dari anggaran yang ada," kata Jimmy.

Sementara Agus Sudarmo menambahkan, proyek Pasar Badung saat ini sudah hampir rampung dengan kapasitas 6 lantai, terdiri dari 2 basement dan 4 lantai untuk los dan kios. Dalam basement 1 (dasar) nantinya bisa menampung sekitar 42 mobil, dan 23 mobil box. Sedangkan, pada basement 2, kapasitas parkir yang bisa ditampung sebanyak 82 mobil. Sementara untuk lantai dasar gedung, pedagang disediakan sebanyak 48 unit los. Sementara lantai 1 sebanyak 483 unit los, lantai 2 sebanyak 254 unit los, dan 145 unit kios. Untuk lantai paling atas yakni lantai 3 disediakan 254 unit los dan 145 unit kios dengan total keseluruhan los dan kios total berjumlah 1.450 unit. "Itu dari konsultan proyek. Jadi nantinya jumlah tersebut bisa menampung seluruh pedagang yang masih berada di pasar eks Tiara Grosir," terangnya. *mi

Komentar