nusabali

Prestasi SMPN 1 Rendang Meningkat 100 Persen

  • www.nusabali.com-prestasi-smpn-1-rendang-meningkat-100-persen

SMPN 1 Rendang, Karangasem mengoleksi enam gelar juara tingkat kabupaten selama tahun 2018.

AMLAPURA, NusaBali
Pencapaian itu naik 100 persen di bandingkan tahun 2017 hanya membukukan 3 gelar juara. Obsesi ke depan, agar prestasi itu terus meningkat baik di bidang akademis dan non akademis.

Pembinaan disegala bidang untuk mengoptimalkan bakat siswa terus dilakukan. Kasek SMPN 1 Rendang I Gusti Lanang Weda mengungkapkan dihubungi di SMPN 1 Rendang, Banjar Singerata, Desa/Kecamatan Rendang, Karangasem, Sabtu (15/12).

Disebutkan gelar juara di tahun 2018 lebih banyak datang dari non akademis, seperti lomba menyanyi solo, olahraga, gerak jalan, paduan suara dan yang lain-lain. "Kami di sini memiliki banyak ekstrakurikuler, untuk menyediakan wadah anak-anak berbakat. Bakat anak-anak kami optimalkan, kelak bisa diandalkan di setiap lomba," kata tokoh pendidikan dari Banjar Menanga Kawan, Desa Menanga, Kecamatan Rendang.

Kasek I Gusti Lanang Weda mengaku bersyukur di tahun 2018 mengalami peningkatan prestasi di tingkat kabupaten, di bandingkan tahun 2017. Hal itulah yang memotivasi untuk terus meningkatkan pembinaan. Prestasi itu katanya menjadi kebanggaan keluarga besar SMPN 1 Rendang, orangtua siswa dan siswa itu sendiri. "Selama ini kami dominan merebut gelar juara bidang olahraga, khususnya atletik. Sebab, SMPN 1 Rendang berdampingan dengan lapangan, sehingga lebih memudahkan melaksanakan latihan," lanjut I Gusti Lanang Weda.

Enam gelar juara yang dimenangkan tahun 2018 tingkat kabupaten yakni melalui Ni Putu Melita Rahayusta Putri di nomor lomba menyanyi solo, juara gala siswa Tingkat SMP Kabupaten Karangasem, Ni Luh Putu Wika Lestari juara lomba mata pelajaran IPS, I Ketut Nitiarta, I Komang Tresna Arta, dan I Komang Aditya Yatha Loka juara Porjar atletik 4 x 100 meter putra.

Selebihnya menyabet 6 medali perak dan 1 perunggu tingkat kabupaten. Sedangkan di tahun 2017 menyabet 3 medali emas, 3 medali perak dan 4 medali perunggu. I Gede Berata siswa kelas IX/a yang peraih medali perunggu di cabang silat dan juara II OSN (Olimpiade Sains Nasional) Mata Pelajaran IPA Tingkat Kabupaten Karangasem, mengaku prestasinya belum optimal. "Kami aktif di OSN Mata Pelajaran IPA dan O2SN cabang silat. Dua-duanya menyumbang gelar juara," kata alumnus SDN 2 Rendang yang berasal dari Banjar Bambang, Desa/Kecamatan Rendang.

Sedangkan rekannya Ni Putu Melita Rahayusta Putri siswi kelas VIII/c juara FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) menyumbang gelar juara tingkat kabupaten nomor menyanyi solo. "Saat tampil di tingkat provinsi hasilnya belum optimal. Nanti akan kami coba lagi," jelas alumnus SDN 1 Akah, Klungkung, yang asli dari Banjar Singarata, Desa/Kecamatan Rendang. *k16

Komentar