nusabali

Saka Wira Kartika Buleleng Gelar Persami

  • www.nusabali.com-saka-wira-kartika-buleleng-gelar-persami

Bentuk Karakter Generasi Muda

SINGARAJA, NusaBali
Puluhan anggota Pramuka di Buleleng yang tergabung dalam Saka Wira Kartika dilatih Kodim 1609/Buleleng untuk pembentukan karakter. Puluhan anggota Saka Wira Kartika itu digenjot dengan sejumlah materi dalam kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) yang berlangsung di Lapangan Yonif Raider 900/SBW 15-16 Desember 2018.

Kepala Staf Kodim 1609/Buleleng, Mayor Kav I Nyoman Arya Jayantara, selaku Wakil Pimpinan Saka Wira Kartika Kodim 1609/Buleleng menyampaikan, pembentukan Pramuka Saka Wira Kartika sebagai wadah pilihan utama dan solusi bagi generasi muda yang berpotensi di bidang kepramukaan.

Mereka nanti akan dilatih dan bina dengan menitikberatkan kepemimpinan, pengetahuan kewilayahan dan pengamanan lingkungan. Gerakan Pramuka menurutnya juga memiliki peranan yang sangat penting dalam pembinaan generasi muda untuk menjadi kader penerus cita-cita dan perjuangan bangsa yang berjiwa Pancasila.

“Ini salah satu alasan yang melatarbelakangi dilaksanakannya Persami, lebih kepada pembentukan mental dan karakter mereka,” tegasnya. Ia pun berharap melalui persami ini, anggota saka bisa mengembangkan potensi, untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk dirinya sendiri.

Sementara itu dalam persami seluruh peserta akan dibekali dengan peningkatan wawasan dan semangat kebangsaan, bela negara, untuk mampu menggugah semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kegiatan Persami Saka Wira Kartika Kodim 1609/Buleleng bertujuan untuk membentuk kader generasi muda sebagai pemimpin bangsa yang berkarakter,” imbuh dia. Sementara Pasiter Kodim 1609/Buleleng, Kapten Inf I Made Suparsana menambahkan, selama Persami Saka Wira Kartika Kodim, para peserta akan menerima pembekalan dari para Pembina dan Pembimbing. Yakni materi Krida PBB, Krida Navigasi Darat (Ilmu Medan membaca peta dan kompas), Wawasan Kebangsaan, Kompas Malam dan Api Unggun. Berikutnya di hari kedua materi Pioneer dan Krida Penanggulangan Bencana Alam. *k23

Komentar