nusabali

MU Diprediksi Parkir Bus

  • www.nusabali.com-mu-diprediksi-parkir-bus

Rapor Juergen Klopp kurang bagus saat bertemu MU. Lebih sulit lagi karena Setan Merah diperkirakan akan memainkan negative football.

Antisipasi Gempuran Buas Liverpool di Anfield

LONDON, NusaBali
Bigmatch Liverpool dan Manchester United tersaji pada Senin (17/12) dinihari, tepatnya pukul 00.00 WITA nanti. Kondisi kedua tim yang sama-sama menyandang nama besar saat ini sedang berbanding terbalik. Liverpool berada dalam momentum apik dan baru saja naik ke puncak klasemen akhir pekan lalu. Si Merah juga belum terkalahkan di 16 laga di Premier League sejauh ini.

Sebaliknya Setan Merah sedang menjalani musim penuh cobaan. MU sudah empat kali kalah di Premier League musim ini dan sekarang duduk di peringkat enam dengan 26 poin, berselisih lumayan jauh dengan Liverpool. Tepatnya tertinggal 16 poin!

Di puncak klasemen Liverpool membukukan 34 gol dan hanya kemasukan 6 gol dari 16 pertandingan. Kontribusinya siapa lagi kalau bukan Mohamed sala, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Sebaliknya MU memasukkan 28 gol dan gawang David de Gea bocor 26 gol. Meski bak bumi dan langit saat ini, pertarungan kedua tim akan selalu menarik karena rivalitas kental keduanya di Inggris. Mantan penggawa kedua tim, Michael Owen, mencoba memprediksi laga yang dihelat di Anfield.

Owen meyakini MU akan bermain bertahan melihat kondisi saat ini. Apalagi Liverpool selalu tampil trengginas di kandang sendiri dan dalam kepercayaan diri tinggi. Meski begitu, The Reds disebut tetap bisa mengambil tiga poin. "Saya pikir Liverpool akan menang. Manchester United rasanya akan mencoba memarkir bus, bermain sangat-sangat bertahan," ungkap Owen kepada BT Sport. "Saya rasa Liverpool masih terlalu kuat (ketimbang MU)," sambung Owen.

Tak hanya Owen, mantan pemain MU lainnya, Owen Hargreaves, juga sependapat. Menurutnya Liverpool saat ini berada dalam momentum yang baik dan sangat sulit dikalahkan. "Liverpool bermain dengan intensitas luar biasa, sedangkan United tidak. Jadi MU bakal diragukan untuk bisa mencuri angka di Anfield dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Mourinho memang dulu pernah melakukannya, tapi Liverpool sekarang terlalu bagus. Mereka akan menang," timpal Hargreaves.

Kedua tim sudah bertemu sebanyak 200 pertandingan di semua kompetisi. MU menang 80 kali, Liverpool 65 dan 55 laga lainnya berakhir imbang. Di ajang Premier League, MU menang 28 dari 55 laga, kalah 13 dan imbang 11 kali. Pada pertemuan terakhir di Anfield musim lalu, kedua tim bermain imbang tanpa gol. Sementara, Liverpool terakhir kali mengalahkan MU di liga adalah tahun 2014.  Sejak di tangan Juergen Klopp,  Liverpool belum pernah menang atas MU di liga dengan torehan tiga seri dan dua kekalahan. Bahkan dalam dua laga kandang terakhirnya kontra MU, Liverpool bermain imbang tanpa gol.

Kini Klopp juga akan dihadang parkir bus ala Jose Mourinho. "Saya tidak melihat kalau mereka cuma punya gaya main itu. Mereka punya lebih dari satu gaya main, tak sekadar umpan panjang atau menunggu," ujar Klopp di Liverpool Echo.

"Mungkin mereka sedikit bertahan pada laga di Anfield tahun lalu, tapi mereka tidak melakukan itu di Old Trafford, tidak sama sekali," sambungnya.

"Memang sulit. Tapi itulah taktik sepakbola. Saya bukan paus-nya taktik sepakbola yang bisa menyuruh orang melakukan apa saja. Ini cuma soal taktik sepakbola. Kami harus menemukan solusinya. Menyenangkan bukan jika Anda harus bermain seperti itu? Ya mereka memang pintar jika mau melakukannya."

Liverpool musim ini juga sebenarnya nyaris mirip dengan timnya Mourinho, yang mengandalkan pertahanan kukuh. Buktinya gawang Alisson Becker baru kemasukan enam gol yang merupakan rekor baru klub itu. Kini tinggal bagaimana Klopp membuat lini serangnya lebih tajam agar bisa membongkar sepakbola grendel Mourinho.*

Komentar