nusabali

Komite Sekolah Dituntut Berperan Kembangkan Pendidikan

  • www.nusabali.com-komite-sekolah-dituntut-berperan-kembangkan-pendidikan

Ratusan pengurus komite SD/MI, SMP/MTs se Kabupaten Buleleng, diajak duduk bersama oleh Dewan Pendidikan dan Dinas Pendikan Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Buleleng, Jumat (14/12) pagi.

SINGARAJA, NusaBali

Rapat koordinasi itu pun dimaksudkan untuk lebih memberikan pemahaman kepada komite sekolah dalam melakukan peran dan fungsinya, ikut serta dalam pengembangkan pendidikan.

Komite Sekolah sebagai bagian dari satuan pendidikan diharapkan tak hanya melakukan pengawasan terhadap proses pembelajaran saja. Tetapi juga penguatan posisi komite sekolah dalam kemitraan membangun sekolah baik dari sisi  penyusunan RKAS, penetapan, pelaksanaan dan  controlling. Kepala Disdikpora Buleleng, Gede Suyasa menyebutkan rapat koordinasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang sama tentang regulasi yang berlaku. “Komite sekolah agar lebih jeli memahami menyangkut apa itu sumbangan, bantuan dan pungutan. Mana yang boleh dan mana yang tidak. Saat ini sekolah tidak diperkenankan melakukan pungutan, yang boleh hanya sumbangan atau bantuan baik barang maupun jasa,” kata dia.

Sementara itu Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Buleleng, I Gusti Ngurah Agung mengingtakan kembali kepada pegurus komite tujuan pembentukannya dalam mendukung proses pendidikan. Komite sekolah yang terbentukd ari wali siswa bertujuan mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional serta program Pendidikan di satuan Pendidikan.*k23

Komentar