nusabali

Calon Incumbent Menangkan Pemilihan Bendesa Adat Beraban

  • www.nusabali.com-calon-incumbent-menangkan-pemilihan-bendesa-adat-beraban

Krama Desa Pakraman Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, menggelar pemilihan langsung Bendesa Adat, Kamis (13/12).

TABANAN, NusaBali
Pemilihan diikuti 1.971 pemilih dari 15 banjar di wantilan Pura Dalem Prabu, desa setempat. Model pemilihan ini ke empat kalinya karena  sebelumnya pemilihan bendesa ditunjuk dalam paruman adat.

Seiring dengan perkembangan zaman dan memperhatikan unsur keadilan, sampai saat ini pemilihan umum bendesa adat sudah dilakukan selama empat kali periode. Pemilihan bendesa periode 2019-2024 dimenangkan oleh calon incumbent, I Made Sumawa asal Banjar Buahan Kaja, Desa Beraban. Ia memperoleh suara 1.594, lanjut mengalahkan penantangnya, I Ketut Karda asal Banjar Sinjuana, Desa Beraban, meraup suara 145.

Ketua panitia pemilihan bendesa, I Made Dedi Aryana mengatakan proses pemungutan suara dilakukan di tiap-tiap banjar pada Kamis pagi sekitar pukul 07.00 Wita. "Setelah rampung, barulah kotak suara di masing-masing TPS banjar dibawa ke wantilan Pura Dalem Prabu untuk dilakukan proses penghitungan," ungkapnya.

Kata dia, pelaksanaan pemilihan bendesa menyusul keluarnya SK dari bendesa adat untuk pembentukan panitia pemilihan, tertanggal 18 Oktober 2018. Setelah itu dilakukan pembentukan panitia dan tata tertib pemilihan. Hingga penjaringan pada bakal calon. "Akhirnya ada dua calon yang mendaftar yakni calon incumbent dan calon pendatang baru," imbuh Aryana.

Lanjut Aryana, sebelum pemilihan, masing-masing calon diberikan madharma suaka ke 15 banjar adat untuk memaparkan visi misi, 25 Nopember - 9 Desember 2018. "Tahapan pemilu dan logistik disiapkan panitia dan dana didukung dari desa pakraman," bebernya, sembari mengucap syukur karena tahapan pemilihan berjalan lancar dan damai.

Turut menyaksikan jalannya proses penghitungan suara, jajaran unsur Muspika Kediri, BPD Desa Beraban, Perbekel Desa beraban, Ketua Kertha Desa Beraban, Majelis Alit Desa Pekraman, Ketua LPM dan undangan lainnya.*de

Komentar