nusabali

Buleleng Absen, Jembrana Malah Kirim Tiga Tim

  • www.nusabali.com-buleleng-absen-jembrana-malah-kirim-tiga-tim

LKBB Gubernur Cup IV Kembali Digelar PPI Bali

DENPASAR, NusaBali
Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bali kembali menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) di GOR Lila Buana, Denpasar, Kamis (13/12). Sebanyak 19 tim dari SMA/SMK se-Bali berlomba memperebutkan piala bergilir Gubernur Cup IV. Dalam ajang ini, Buleleng sama sekali tidak mengirim perwakilan, malah Jembrana sekarang yang tampil memenuhi kuota sebanyak 3 sekolah.

“Tahun ini Jembrana menggebrak dengan mengirimkan 3 perwakilan. Kalau dulunya cuma 1. Mungkin saja karena ada pengaruh dan motivasi melihat kakak kelasnya tahun lalu dan tahun ini berhasil masuk paskibraka tingkat nasional,” kata kata Ketua PPI Bali, I Dewa Agung Christos Sugandha Putra. Sementara terkait absennya Buleleng dalam LKBB ini, kata Dewa Sugandha karena masalah anggaran. “Kembali pada masalah anggaran sekolah masing-masing. Lomba ini sebenarnya mewakili sekolah yang ditunjuk oleh kabupatennya, dalam hal ini PPI tingkat kabupaten yang berkoordinasi dengan Disdikpora masing-masing,” imbuhnya.

Dikatakan Dewa Sugandha, pendanaan LKBB ini murni tanpa pembiayaan dari pemerintah, melainkan bantuan donatur dan sponsorship. Mereka juga memungut uang pendaftaran. Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang membuka lomba ini kemarin juga menyerahkan sejumlah bantuan.

Menurut Dewa Sugandha, LKBB ini bertujuan membentuk karakter generasi muda, sekaligus salah satu ajang penjaringan calon-calon Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. “Dari program ini akan terlihat calon-calon yang ingin meneruskan jenjang seleksi tingkat paskibraka. Dan banyak yang akhirnya ikut seleksi Paskibraka setelah ini. Paling tidak ini bisa menjadi dasar untuk mereka,” jelasnya di sela acara.

Adapun 19 sekolah yang ikut dalam ajang ini yakni, SMAN 1 Negara, SMAN 2 Negara, MAN 1 Jembrana, SMAN 1 Semarapura, SMAN 1 Banjarangkan, SMAN 2 Semarapura, SMAN 2 Bangli, SMAN 1 Gianyar, SMAN 1 Sukawati, SMAN 1 Ubud, SMAN 6 Denpasar, SMAN 8 Denpasar, SMAN 7 Denpasar, SMAN 2 Denpasar, SMAN 1 Petang, SMAN 1 Kuta Utara, SMAN 2 Tabanan, SMA Surya Wisata Tabanan, dan SMAN 1 Amlapura.

Sementara itu, Ketua Panitia LKBB 2018, I Putu Wahyu Juniartha, menjelaskan, ada beberapa materi yang menjadi kriteria penilaian yang terdiri dari pelatihan baris berbaris dasar, variasi gerakan dan formasi gerakan, serta kualitas danton. Adapun juri berasal dari TNI AD, TNI AL, Brimob Polda Bali dan juri independen. “Yang dinilai kerapian, ketepatan waktu, kedisiplinan, dan kekompakan. Mereka akan memperebutkan piala bergilir, juara 1, 2, 3, harapan 1, 2, 3, variasi formasi terbaik, dan danton terbaik,” jelasnya.

Pelaksanaan LKBB selama sehari penuh, mulai dari pukul 09.00 Wita hingga petang kemarin akhirnya dimenangkan oleh SMAN 1 Sukawati. Mereka berhak mengangkat piala bergilir Gubernur Cup IV, yang tahun sebelumnya diraih oleh SMAN 6 Denpasar. Sementara juara 2 diraih oleh SMAN 2 Semarapura, juara 3 SMAN 6 Denpasar. Sedangkan juara harapan 1 diraih oleh SMAN 2 Denpasar, juara harapan 2 oleh SMAN 7 Denpasar, dan juara harapan 3 diraih SMAN 1 Gianyar. Ada juga kategori variasi dan formasi terbaik diraih oleh SMAN 1 Sukawati, dan danton terbaik SMAN 1 Sukawati. *ind

Komentar