nusabali

Lima Pelamar CPNS Ajukan Sertifikat Pendidik

  • www.nusabali.com-lima-pelamar-cpns-ajukan-sertifikat-pendidik

Sedikit yang setor karena untuk mendapat sertifikat pendidikan, harus magang di sekolah perbatasan selama tiga bulan. Bahkan ada yang mengikuti ujian dan tes.

TABANAN, NusaBali
Lima orang pelamar CPNS guru setorkan sertifikat pendidik ke Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Tabanan. Setor sertifikat pendidik tersebut menyusul Surat Edaran (SE) Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN–RB), yakni bagi pelamar CPNS khusus guru yang lolos SKD baik yang memenuhi passing grade dan perankingan bisa setorkan sertifikat untuk memperoleh nilai 100 penuh.

BKPSDM Kabupaten Tabanan membuka penerimaan pengajuan sertifikat pendidik pada Senin (10/12) dan Selasa (11/12). Selanjutnya sertifikat yang disetorkan tersebut akan divalidasi keabsahannya.

Kabid Formasi BKPSDM Tabanan Ni Luh Putu Mahadi Santhi Dewi, menjelaskan pihaknya sudah buka pengajuan sertifikat pendidik. Dari dua hari tersebut ada lima orang pelamar CPNS guru yang sudah menyetorkan sertifikat pendidik.

Kata dia, sertifikat pendidik yang diajukan harus jelas yakni dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi maupun dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Bagi pelamar CPNS guru yang mengajukan sertifikat pendidikan akan mendapat nilai 100 penuh. “Nah ini belum jelas apa nilainya digabungkan atau gimana. Namun yang jelas mereka yang memiliki sertikat ini tetap ikut seleksi SKB,” tegas Mahadi.

Karena menurut Mahadi yang memberikan nilai 100 penuh itu adalah BKN. Sebab setelah sertifikat pendidik divalidasi kebenarannya berita acaranya akan dibawa ke BKN. “Jadi BKN yang memberikan nilai itu. Yang setor sekarang sudah lima orang,” imbuhnya.

Diakui Mahadi, yang sudah setor sertifikat pendidikan tersebut adalah kebanyakan guru SD. Sedikitnya yang setor karena mencari sertifikat dimaksud tidak mudah. Mereka harus magang di sekolah perbatasan selama tiga bulan. Bahkan ada yang mengikuti tes hingga ujian. “Carinya susah ini, makanya sedikit yang punya,” tegasnya.

Di Kabupaten Tabanan pelamar CPNS tahun 2018 akan mengikuti tes SKB pada Kamis (13/12) besok di Makodam IX Udayana di Denpasar. Sebanyak 513 pelamar akan memperebutkan 319 formasi. Tes SKB dibagi menjadi dua sesi. *de

Komentar