nusabali

Salah Parkir Masih ‘Dimaafkan’ dengan Stiker

  • www.nusabali.com-salah-parkir-masih-dimaafkan-dengan-stiker

Sebanyak delapan unit mobil yang terparkir tidak pada tempatnya di ruas Jalan Gajah Mada, ditempeli stiker oleh Satuan Lalu Lintas Polres Buleleng, Senin (10/12) pagi.

SINGARAJA, NusaBali
Sebagian besar mobil-mobil itu diparkir di atas trotoar, sehingga mengganggu peruntukan trotoar yang disediakan untuk pejalan kaki.

Penempelan stiker larangan parkir sembarangan itu, merupakan upaya Satlantas Polres Buleleng, menertibkan parkir di Buleleng. Bahkan kendaraan yang terjaring giat penertiban parkir itu adalah mobil yang memang menginap di ruas jalan.

Kasat Lantas Polres Buleleng, AKP Putu Diah Kurniawandari mengatakan dari delapan kendaraan roda empat yang terjaring penertiban enam di antaranya sudah dikoordinasikan dengan pemilik kendaraan. Sedangkan dua kendaraan lainnya masih menunggu tuannya kembali dari luar kota. Dari penertiban yang dilakukan AKP Diah mengaku masih melakukan upaya penertiban preventif yakni dengan penempelan stiker.

Dengan imbauan stiker itu, warga yang masih memarkir kendaraannya di badan jalan termasuk di trotoar dimohon untuk mencarikan tempat parkir yang sesuai, sehingga tak menimbulkan masalah lalu lintas. “Kami sudah temui langsung pemilik kendaraan yang enam itu, rata-rata mereka memang tidak memiliki garase, kami masih berikan tenggang waktu untuk mereka segera mencarikan tempat parkir yang tepat sehingga tak mengganggu kamseltibcar,” kata dia.

Apalagi selama ini peruntukan trotoar sudah diatur dalam Pasal 274 ayat (2) UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, yang bukan untuk tempat parkir kendaraan. Dengan penertiban parkir liar ini pihakya pun sedang mengupayakan kelancaran ketertiban dan keamanan arus lalu lintas. Apalagi jalan Gajah Mada termasuk salah satu ruas jalan dengan kondisi padat lalu lintas.

Sementara itu Satlantas Polres Buleleng mengaku tak segan akan menilang kendaraan yang parkir tidak pada tempatnya, jika upaya preventif yang telah dilakukan saat ini tidak digubris warga. Aksi penertiban parkir liar oleh Satlantas Polres Buleleng saat ini juga sedang menyasar sejumlah ruas jalan di Kota Singaraja. Seperti di Jalan Sawo, Imam Bonjol, Dewi Sartika Utara yang sering memakan badan jalan yang tak jarang membuat arus lalulitas tersendar. *k23

loading...

Komentar