nusabali

Ketua PPNI Kenalkan Yoga Smile

  • www.nusabali.com-ketua-ppni-kenalkan-yoga-smile

Ketua PPPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupaten Karangasem, I Wayan Arsiawan Adi, mengembangkan yoga sambil senyum dikemas dalam paket kegiatan Arsia Smile Yoga.

AMLAPURA, NusaBali
Melakukan gerakan yoga, sambil tersenyum, dengan cara itu memudahkan membuang pikiran-pikiran yang tidak sehat. Arsia Smile Yoga ini dikenalkan di Puri Gede Karangasem, Jalan Sultan Agung Amlapura, Minggu (9/12) sore.

Arsiawan Adi bersama instruktur lainnya, Ni Wayan Supartini dan I Nyoman Putra, memberikan pelatihan untuk memudahkan mengingatkan nama-nama jenis gerakan yoga pun diubah. Secara umum bernama Yoga Asanas diganti menjadi Asanas Smile, Candra yoga diubah menjadi Candra Smile, Yoga Namaskar diganti Namaskar Smile, dan sebagainya. “Pada intinya gerakan yoga tetap sama, kami hanya melakukan inovasi dan mengganti istilahnya diisi kata smile. Gerakan-gerakan yang dilakukan selalu diiringi dengan senyum. Makanya kami beri nama Asanas Smile dan seterusnya,” jelas Wayan Arsiawan Adi.

Yoga Asanas yang diubah namanya menjadi Asanas Smile tetap mempelajari gerakan-gerakan dasar yoga dengan mengolah tubuh, tujuannya untuk mendapatkan kebugaran fisik, peredaran darah jadi lancar dan bugar. Begitu juga meditasi smile, yang prakteknya adalah relaksasi untuk melepaskan pikiran-pikiran kurang sehat yang membebani selama ini agar pikiran kembali bersih.

Pengikut Arsia Smile Yoga tidak banyak, latihan rutin hanya 20 orang hingga 30 orang, kecuali di saat ada kegiatan yoga massal, mampu mendatangkan sekitar 100 peserta dari Arsia Smile Yoga sendiri. “Kami tidak hanya mengajak latihan yoga sambil senyum, kami juga menulis buku sebagai bahan referensi, berjudul senyum,” jelas Arsiawan Adi yang mendirikan komunitas yoga pada 13 Juli 2017. *k16

loading...

Komentar