nusabali

Pendidikan Keluarga Bantu Pengembangan Diri Siswa

  • www.nusabali.com-pendidikan-keluarga-bantu-pengembangan-diri-siswa

Prestasi akademik dan non akademik saja tidak cukup. SD Pelita Bangsa Denpasar sebagai salah satu sekolah swasta yang ditunjuk Kemdikbud untuk melaksanakan ‘pendidikan keluarga’ secara berkala melaksanakan kegiatan Paranting Teacher Conference (PTC).

DENPASAR, NusaBali
Seperti yang dilakukan pada Jumat (7/12) lalu, dihadirkan narasumber  Bunda Araningsih dari Yayasan Cinta Kasih. Dalam paparannya di depan 180 wali murid, Araningsih mengingatkan pentingnya pola asuh anak sebagai pendidikan karakter dalam keluarga. ”Ayah dan bunda harus menanamkan energi-energi positif, seperti tidak sering marah, sopan, member  nasihat positif. Hal ini agar siswa juga membawa aura postif di sekolah. Selama ini sadar atau tidak,  orangtua tiba-tiba  marah, cemberut di depan anak. Nah, jika energi ini diberikan, niscaya anak juga akan membawa energi itu,” urai Araningsih.

Adanya fokus pada pendidikan keluarga diakui oleh Kepala Sekolah SD Pelita Bangsa Denpasar, I Kadek Aditia Putra.  Dipesankan oleh kepala sekolah kelahiran Nusa Penida ini bahwa  visi pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah, bahwa tidak hanya cerdas akademik dan non akademik saja, namun diperlukan pengembangan pendidikan karakter, yaitu, religious, kemandirian, gotongroyong, nasionalis dan integritas. “Jadi untuk menghasilkan siswa, tidak lepas dari peran keluarga,” ujarnya.

Program Parents Teacher Conference diakui membuat komunikasi lebih berjalan dengan baik, Guru kelas dan orantua bisa lancar mengkomunikasikan pengembangan pendidikan akdemik, non akademik hingga karakter siswa. Salah satu outputnya pada Jumat (8/12) seusai ‘seminar parenting’ digelar langsung ‘Parade Ekstrakurikuler’ dari siswa-siswa SD Pelita Bangsa. Siswa dari kelas I hingga Vi menampilkan berbagai pertunjukan mulai dari modern dance hingga aksi taekwondo yang dikemas menjadi sajian seni.

Sebelumnya beretpatan dengan peringatan Hari Guru pada 25 November lalu. SD Pelita Bangsa juga dinobatkan sebagai juara BPR Cup yang diadakan oleh Bank Raya Kuta. Sekolah ini masuk 10 sekolah nominasi dengan 300 poin dari ‘kompetisi’ berhitung, story telling, melukis, puzzle, dengan penilaian sejak bulan Agustus 2018.  “Ini kejutan luar biasa bagi kami,” kata Aditia tentang penghargaan yang diterima di Hotel Adijaya Sunset Road saat itu.*mao

Komentar