nusabali

TP PKK Badung Kunja ke Kabupaten Gunungkidul

  • www.nusabali.com-tp-pkk-badung-kunja-ke-kabupaten-gunungkidul

Pengurus TP PKK Kabupaten Badung mengadakan kunjungan kerja (Kunja) ke Pemkab Gunungkidul, Daerah Istimewa Jogjakarta, Jumat (7/12).

MANGUPURA, NusaBali
Kunja dimaksud untuk bertukar pengalaman dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM). Rombongan dipimpin Ketua Tim Penggerak PKK Badung Ny Seniasih Giri Prasta, didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Putu Gede Sridana, Wakil Ketua TP PKK Badung Ny Kristiani Suiasa, Ketua Gatriwara Ny Ayu Parwata, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Badung Ny Nesye Yoga Segara, Ketua Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Ny Isyudayani Widia Astika, serta seluruh pengurus PKK dan perwakilan dari kecamatan se-Badung.

Rombongan diterima oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Drs Sudodo MM, Kadis P3AKBPMD Sujoko SSos MSi, di ruang pertemuan Rumah Jabatan Bupati Gunungkidul. Seniasih Giri Prasta menjelaskan kunja dilakukan untuk menyambung silaturahmi dan mensinergikan program kerja PKK di 2019.

Sementara Sudodo berterima kasih karena sudah memilih Kabupaten Gunungkidul sebagai tujuan kunja TP PKK Badung. Dijelaskannya, DIJ memiliki 1 kota dan 4 kabupaten, salah satunya adalah Gunungkidul yang memiliki luas 47 persen dari keseluruhan Provinsi DIJ. “Gunungkidul juga terkenal dengan pegunungan seribu dengan geopark yang mendapat penghargaan dari UNESCO,” jelasnya.

Gede Sridana mengatakan dipilihnya Gunungkidul sebagai objek kunja karena dalam tiga tahun terakhir Kabupaten Gunungkidul mengalami perkembangan yang begitu pesat. “Tentunya kami berharap kunjungan kerja kami ini menjadi motivasi agar TP PKK Badung bisa bekerja optimal dan keberadaan TP PKK benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena hal ini merupakan yang utama,” ungkapnya.

Di akhir acara dilakukan sesi tukar menukar cenderamata oleh Gede Sridana, diterima Sudodo, dilanjutkan dengan mengunjungi Desa Beji Harjo, Kecamatan Karangmojo. Rombongan diterima kepala desa dan TP PKK Desa Beji Harjo dan dijamu di balai desa setempat. Di sini diadakan pelatihan atau study banding mengenai administrasi PKK dan UP2K serta mendengarkan pemaparan tentang program-program pokok PKK Desa Beji Harjo serta penyerahan bingkisan dari Ketua TP PKK Badung kepada TP PKK Desa Beji Harjo.

Keesokan harinya rombongan dari Badung mengunjungi sentra UMKM di Jogjakarta dan melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Jagatnatha Desa Plumbon, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul. Kehadiran rombongan disambut Ketua PHDI DIJ I Made Astra Tenaya, Ketua PHDI Kabupaten Bantul Basmin Sastra Utomo, Ketua WHDI DIJ Lufiana Wayan Senen, Ketua Pengempon Pura Jagatnatha Budi Sanyoto beserta masyarakat pengempon pura. Usai melaksanakan persembahyangan Ny Seniasih Giri Prasta menghaturkan punia Rp 5 juta. *asa

Komentar