nusabali

Wabup Kasta Sembahyang Bersama di Pura Bukit Amertha Banyuwangi

  • www.nusabali.com-wabup-kasta-sembahyang-bersama-di-pura-bukit-amertha-banyuwangi

Wakil Bupati (Wabup) Klungkung I Made Kasta bersama Ny Sri Kasta melaksanakan persembahyangan bersama di Pura Dhangkhyangan Bukit Amertha, Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegal Sari, Kabupaten Banyuwangi, Sukra Umanis Warigadian, Jumat (7/12).

SEMARAPURA, NusaBali
Persembahyangan ini menjelang pelaksanaan Pujawali dipimpin Pamangku Pura, Mangku Sukajihanto. Puluhan krama pangempon pura hadir mengikuti persembahyangan tersebut.

Di hadapan krama pangempon pura, Wabup Kasta mengajak umat untuk selalu menjaga kerukunan, meningkatkan semangat gotong royong dan keikhlasan dalam beryadnya. Wabup berharap, Pujawali yang akan digelar pada 20 Desember mendatang, berjalan lancar dan labda karya. “Jaga selalu kerukunan pesemetonan dengan selalu tulus ikhlas ngaturang ngayah di pura,” ujar Wabup Kasta didampingi Kabag Kesra, Setda Klungkung I Wayan Winata.

Pamangku pura, Sukajihanto bersama Pangemong Pura Dhangkahyangan Bukit Amertha, Sentod menyampaikan terimakasih atas dukungan dan partisipasi dalam menyambut pujawali ini. Menurut Mangku Sukajihanto, pujawali dilaksanakan setiap enam bulan sekali pada Rahina Sugihan Bali. Untuk tahun ini, pujawali digelar pada Kamis (20/12).

Pura Dhangkahyangan Bukit Amertha diempon sekitar 37 kepala keluarga (KK). Masing-masing KK akan melakukan urunan dengan mengeluarkan beras, gula dan jajan sebegai pelengkan dalam pelaksanaan pujawali mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan, selain membuat sesajen, krama juga melakukan bersih-bersih disekitar pura. “Pujawali digelar setiap enam bulan pada Rahina Sugihan Bali,” sebutnya. Sementara itu, suasana persembahyangan berlangsung hikmad. Kegiatan diakhiri dengan menghaturkan punia oleh Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta. *wan

Komentar