nusabali

Program Kesetaraan Tuntaskan Ulangan Semester I

  • www.nusabali.com-program-kesetaraan-tuntaskan-ulangan-semester-i

Program kesetaraan paket A, paket B, dan paket C atau PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) di Karangasem telah menuntaskan ulangan semester I.

AMLAPURA, NusaBali
Meski keterbatasan sarana dan lokasinya terpencil, PKBM berhasil menyelesaikan ulangan tepat waktu. Para guru pengajar saat ini disibukkan dengan pengisian nilai pada rapor untuk dibagikan pada Sabtu (15/12) mendatang.

PKBM Ekotorin di Desa Ban, Kecamatan Kubu, melaksanakan ulangan semester di tujuh lokasi. Pimpinan Pengelola PKBM Ekotorin, I Komang Kurniawan, menejlaskan PKBM yang dikelonya membawahi 7 sekolah. Lokasi pembelajarannya terpencar di 6 banjar yakni Banjar Bunga, Banjar Cegi, Banjar Pengalusan, Banjar Manik Aji, Banjar Jatituhu, dan Banjar Darmaji. Satu lagi di Banjar Tunas Sari, Desa Tianyar Timur, Kecamatan Kubu. Dari tujuh sekolah itu siswanya sebanyak 220 orang. “Kami telah tuntas melaksanakan ulangan semester pada tanggal 26-30 November,” ungkap Komang Kurniawan, Kamis (6/12). Ia mengelola PKBM Ekotorin sejak tahun 1999 dan telah diakreditasi tahun 2015.

Pimpinan Pengelola PKBM Amerta Yulia Ganesa, I Wayan Mertayasa, di Banjar Kubakal, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang juga mengaku telah tuntas melaksanakan ulangan melibatkan 197 siswa. “Semua siswa ikut ulangan kejar paket A, kejar paket B, dan kejar paket C,” jelasnya. Dari jumlah siswa tersebut, kejar paket A sebanyak 24 siswa, kejar paket B 76 siswa, dan kejar paket C 97 siswa. Mereka terbagi 8 kelas. Dikatakan, pada tahun ajaran 2018/2019 memiliki kelas XII kejar paket C sebanyak 25 siswa. Sehingga nantinya bisa ikut ujian nasional untuk angkatan pertama.

Pimpinan Pengelola PKBM Giri Mekar di Banjar Teges, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang, I Made Parta, mengaku memiliki 81 siswa paket B dan paket C. Sedangkan menurut I Made Tinggen, pengelola PKBM Yowana Sastra di Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang mengelola 181 siswa, telah tuntas menggelar ulangan. “Antusias peserta ikut ulangan semester I,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Gusti Kartika, mengapresiasi semangat pengelola PKBM sehingga siswa yang bernaung di lembaga itu termotivasi ikut ulangan. Nantinya yang kelas XII ikut ujian nasional. “Program kesetaraan itu setara dengan sekolah formal. Paket A setara SD, paket B setara SMP, dan paket C setara SMA,” jelas Gusti Kartika. *k16

loading...

Komentar