nusabali

KESEHATAN : Membiasakan Makan Ikan

  • www.nusabali.com-kesehatan-membiasakan-makan-ikan

Indonesia punya kekayaan laut berlimpah. Wajar, kalau ikan pun mudah didapat di lautan negeri ini.

Dan ikan kaya akan berbagai nutrisi penting seperti asam lemak omega 3, protein berkualitas tinggi, serta berbagai vitamin (salah satunya vitamin D) dan mineral lainnya yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Nah, membiasakan diri makan ikan setidaknya dua kali seminggu bisa membantu menjaga kesehatan jantung? Ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 terbaik yang penting untuk tubuh dan otak. Dalam jurnal Circulation terbitan tahun 2002, American Heart Association (AHA) menyatakan membiasakan makan ikan tinggi omega-3 dua kali seminggu membantu mengurangi risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke iskemik.

Eric B. Rimm, Sc.D., profesor epidemologi dan nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health di Boston yang juga salah satu penulis penelitian, menyatakan ikan menjadi sumber protein yang lebih sehat dibandingkan dengan daging yang kaya akan lemak jenuh. Hal ini diperkuat oleh penelitian lain yang membuktikan mengganti tiga persen protein dari daging olahan dengan ikan dapat menurunkan 31 persen risiko kematian akibat komplikasi jantung atau stroke.

Ini mengingat, daging mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi berlebih dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat hingga menimbulkan plak di arteri (aterosklerosis) yang sanggup memicu berbagai penyakit jantung. Ditambah lagi sekitar 40% orang memiliki kadar vitamin D yang kurang di dalam tubuhnya. Hal ini dapat memicu risiko terjadinya penyakit jantung, diabetes, demensia, dan penyakit autoimun. Vitamin D biasanya didapatkan dari paparan sinar matahari, tapi ikan juga dapat menjadi sumber vitamin D yang baik bagi tubuh.

Dikutip dari healthline, berbagai manfaat asam lemak omega 3 untuk kesehatan jantung yaitu: Menurunkan kadar trigliserida (lemak selain kolesterol) sebanyak 15 hingga 30 persen. Menurunkan tekanan darah pada orang hipertensi. Meningkatkan HDL atau kadar kolesterol baik di dalam tubuh. Menjaga arteri dari kerusakan dan mencegah penumpukan plak yang dapat menyumbat dan mengeraskan arteri. Mengurangi produksi beberapa zat penyebab peradangan. Namun, tidak bisa mengganti ikan dengan suplemen minyak ikan yang juga mengandung omega 3. Ini lantaran tidak ada hasil penelitian yang membuktikan suplemen minyak ikan memiliki manfaat yang sama dengan makan ikan secara langsung.

Pastikan untuk masak ikan dengan cara yang tepat AHA merekomendasikan untuk makan dua porsi ikan seberat 100 gram setiap minggunya. Hampir semua ikan mengandung nutrisi yang baik, tetapi ikan salmon, mackerel, herring, trout, sarden, tuna albacore, teri, dan juga lele mengandung asam lemak omega 3 yang lebih banyak dibandingkan ikan lainnya. Untuk itu, cobalah mengonsumsi berbagai jenis ikan ini agar mendapatkan manfaat maksimal buat kesehatan jantung. Namun, perhatikan juga cara memasaknya. Cara memasak yang salah dapat mempengaruhi nutrisi di dalamnya.

Penelitian yang dilakukan pada 90 ribu orang Amerika menemukan fakta orang yang makan ikan goreng seminggu sekali berisiko 48 persen lebih tinggi terkena gagal jantung dibandingkan dengan yang makan ikan tanpa menggorengnya. Selain itu, kandungan omega-3 dari ikan tuna yang digoreng dapat menurun sebanyak 75%-80%. Hal sama juga terjadi pada ikan salmon, kandungan vitamin D juga dapat berkurang setengahnya jika digoreng.

Dibandingkan dengan menggorengnya, berikut berbagai cara memasak ikan yang dianjurkan untuk menjaga keutuhan nutrisinya.

*Merebus dan mengukus. Merebus dan mengukus adalah cara memasak yang menggunakan air atau cairan lain seperti kaldu selama proses memasak. Kedua cara memasak ini tidak menggunakan penambahan minyak sehingga tidak menambah kalori dan kadar lemak baik di dalam ikan tetap terjaga. Keduanya juga menggunakan suhu yang lebih rendah dibandingkan dengan metode memasak lainnya. Hal ini membantu menjaga keutuhan nutrisi dan meminimalkan pembentukan bahan kimia berbahaya penyebab kanker.

*Memanggang. Memanggang adalah cara memasak dengan memanaskan ikan hingga kecoklatan dengan bantuan sedikit minyak. Beberapa penelitian menunjukkan dibandingkan dengan menggoreng dan memanaskannya di dalam microwave, memanggang hanya menghilangkan sedikit asam lemak omega 3 di dalam ikan.

Memanggang juga mempertahankan kandungan vitamin D pada ikan. Gunakan minyak zaitun dalam proses memanggang karena jauh lebih sehat dibandingkan dengan minyak goreng biasa. Tunggu apalagi, jangan tunda hal baik yang dapat membawa manfaat penting untuk kesehatan. Tanamkan kebiasaan gemar makan ikan pada anggota keluarga dan orang-orang terdekat demi kesehatan jantung yang lebih baik.

Makan ikan juga berguna untuk meningkatkan libido bercinta. Libido sendiri merupakan sesuatu yang mengacu pada dorongan seksual atau hasrat seksual seseorang. Lynn Edlen-Nezin, PhD, penulis dan seorang psikolog kesehatan, menjelaskan nutrisi dari sumber makan tertentu dapat meningkatkan libido. Salah satunya adalah makan ikan yang berguna untuk kesehatan jantung. Apa hubungan manfaat makan ikan, kesehatan jantung, dan libido seks? Begini, agar bisa menikmati seks, pria dan wanita harus memiliki aliran darah yang kuat dan sehat ke alat kelamin.

Jantung yang sehat mendorong peredaran darah ke seluruh tubuh dan bisa meningkatkan sensasi saat berhubungan seks. Selain itu, ke 3 kandungan di bawah ini akan menjelaskan bagaimana manfaat kandungan yang ada pada ikan, dapat mempengaruhi peningkatan libido manusia:
1. Arginine. Arginine adalah kandungan asam amino yang digunakan tubuh untuk menghasilkan oksida nitrat. Pada alat kelamin manusia, oksida nitrat digunakan untuk memperluas pembuluh darah. Ikan yang mengandung arginin antara lain adalah ikan salmon, ikan cod dan ikan halibut. Aliran darah yang tidak lancar bisa membatasi kemampuan pria untuk ereksi dan mengganggu kemampuan seorang wanita untuk terangsang.

2. Zinc. Kandungan zinc dalam tubuh banyak dikaitkan dengan kadar testosteron dalam darah. Menurut sebuah artikel tahun 1997, yang dibuat oleh dokter Walter Eddy, kekurangan zinc dalam tubuh dapat mengganggu kelenjar seks dan menyebabkan jumlah sperma pria jadi sedikit. Zinc juga bermanfaat untuk perkembangan seksual yang sehat bagi manusia. Salah satu cara untuk mendapatkan zat zinc harian yaitu dengan makan ikan. Disarankan bagi pria makan ikan yang mengandung zinc sebanyak 11 mg, dan wanita sebanyak 8 mg. Ikan yang banyak mengandung mineral zinc antara lain, ikan cod 0,5 mg, ikan salmon sebanyak 1 mg, ikan tuna dan sarden mengandung 0,8 mg mineral zinc per porsinya.

3. Kandungan omega 3. Salah satu manfaat makan ikan yang paling banyak dicari adalah kandungan omega 3-nya yang sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan hormon tubuh. Hormon tubuh yang baik akan meningkatkan sirkulasi darah ke alat kelamin, sehingga libido jadi lebih mudah dibangkitkan. Selain itu, manfaat makan ikan juga baik untuk kesuburan, yang mana hal tersebut juga akan meningkatkan dorongan seksual baik bagi pria dan wanita.

Makan ikan dengan rutin, juga dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan. Hal tersebut berlaku jika bermasalah dengan mood dan adanya depresi, setidaknya obat yang dikonsumsi akan menimbulkan dampak lebih baik untuk mencegah depresi datang kembali. *

Komentar