nusabali

Raih Ballon d'Or 2018 , Modric Akhiri Dominasi Messi-Ronaldo

  • www.nusabali.com-raih-ballon-dor-2018-modric-akhiri-dominasi-messi-ronaldo

Gelandang Real Madrid dan timnas Kroasia, Luka Modric (33 tahun), meraih penghargaan Ballon d'Or 2018 di Grand Palais, Paris, Prancis, Senin (3/12) malam waktu setempat atau Selasa dinihari WITA.

PARIS, NusaBali
Sukses Modric itu sekaligus mengakhiri dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Modric menempati posisi teratas dengan 753 poin, disusul Ronaldo (476 poin), dan striker Atletico Madrid dan timnas Prancis, Antoine Griezmann (414 poin). Sedangkan Messi hanya di peringkat kelima.

Modric menjadi pemain pertama Kroasia yang meraih gelar prestisius ini, setelah ia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Dunia 2018.

Modric berhak gelar Ballon d'or setelah Real Madrid meraih gelar Liga Champions tiga kali beruntun dan mengantarkan timnas Kroasia ke final Piala Dunia 2018.

Keberhasilan ini juga membuat Modric mengakhiri dominasi Messi dan Ronaldo. Dalam satu dekade terakhir, dua bintang sepak bola dunia itu bergantian menjadi yang terbaik.

Messi dan Ronaldo sama-sama mengoleksi lima gelar Ballon d'Or dari 2008-2017. Keduanya mendominasi ajang ini sejak mantan pemain AC Milan dan timnas Brasil, Kaka, meraihnya tahun 2007.

Sementara itu, bintang muda Prancis Kylian Mbappe sukses merengkuh gelar Kopa Trophy. Pemain Paris Saint-Germain itu menyisihkan sembilan kandidat lain. Untuk pertama kali France Football, yang juga menggelar Ballon d'Or, mengadakan Kopa Trophy, penghargaan pemain muda terbaik di bawah usia 21 tahun.

Pada edisi perdananya Kopa Trophy menjadi milik Mbappe. Striker muda  Prancis itu mengalahkan gelandang Borussia Dortmund, Cristian Pulisic di urutan kedua dan sayap AS Roma, Justin Kluivert menempati posisi ketiga. *

Komentar